Kompas.com - 27/09/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi orang tua HalfpointIlustrasi orang tua

KOMPAS.com - Asupan makanan yang masuk dalam tubuh perlu diperhatikan, terutama bagi orang yang sudah tua atau berusia lanjut.

Melansir Medical News Today, sebuah studi mengungkapkan bahwa diet kaya protein dan rendah kalori dapat membantu lansia dengan obesitas, menurunkan lebih banyak berat badan, mempertahankan massa otot, dan meningkatkan kepadatan tulang.

Orang yang sudah berusia tua sering kehilangan kepadatan tulang dan massa otot saat berkonsentrasi pada penurunan berat badan.

Kehilangan tulang dan otot ini dapat mengakibatkan masalah mobilitas, bahkan meningkatkan risiko cedera.

Studi yang dipimpin Wake Forest University di Winston-Salem, NC menunjukkan, diet tinggi protein dan rendah kalori dapat membantu orang dewasa menghindari masalah tersebut.

Baca juga: Kelas BPJS Kesehatan Dilebur Jadi Kelas Tunggal, Kapan dan Berapa Iurannya?

Perhatikan kebutuhan nutrisi

Seiring waktu berjalan, orang berusia tua memiliki kebutuhan nutrisi yang unik dan mungkin perlu mengubah pola makannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Massa otot dapat menurun sebagai bagian alami dari penuaan. Pada saat berusia tua, kalori yang dibakar juga tidak pada tingkat yang sama seperti pada masa muda.

Makanan padat nutrisi sangat penting bagi orang tua, dan menghingari makanan berkalori tinggi yang kekurangan nutrisi penting juga menjadi bagian penting.

Makanan yang memberikan manfaat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, makanan laut, unggas, telur, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

Orang berusia tua juga perlu mengontrol porsi makan, karena kemungkinan mengonsumsi lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Bulan Depan, Naik KA dan Pesawat Tanpa Aplikasi PeduliLindungi, dengan Syarat...

Tips agar tubuh tetap sehat di usia tua

Dilansir dari Medlineplus.gov, agar tubuh tetap sehat seiring bertambahnya usia, maka dapat melakukan beberapa hal, yaitu

  1. :Makan banyak nutrisi tanpa kalori ekstra, seperti buah-buahan, biji-bijian utuh, susu dan keju bebas lemak, makanan laut, daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan.
  2. Hindari mengonsumsi makanan dengan banyak kalori sedikit nutrisi seperti permen, makanan yang dipanggang, soda, dan alkohol.
  3. Pilih makanan yang rendah kolesterol dan lemak, baik lemak jenuh dan lemak trans.
  4. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan cukup, sebab orang akah kehilangan rasa haus seiring bertambahnya usia.
  5. Konsumsi lebih sedikit garam, terlalu banyak dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
  6. Tetap aktif secara fisik.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.