Ramai 2,8 Persen Sekolah Jadi Klaster Penularan Covid-19, Ini Klarifikasi Kemendikbud Ristek

Kompas.com - 26/09/2021, 19:30 WIB
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (kanan), saat meninjau pelaksanaan PTM di salah satu sekolah yang ada di Gresik. Dok. Pemkab GresikWakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (kanan), saat meninjau pelaksanaan PTM di salah satu sekolah yang ada di Gresik.

KOMPAS.com - Kekhawatiran akan munculnya klaster sekolah atau klaster Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas menghantui para orang tua siswa beberapa hari terakhir.

Kekhawatiran itu muncul akibat miskonsepsi masyarakat terhadap laporan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang menyebutkan 2,8 persen satuan pendidikan atau 1.296 sekolah terkait dengan penularan Covid-19.

Mengutip laman resmi Kemendikbud Ristek, 22 September 2021, laporan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen) Jumeri.

Baca juga: Muncul Klaster Sekolah, Apa yang Harus Dilakukan Saat Terinfeksi Covid-19 di PTM?

Jumeri menjelaskan bahwa sejak awal pandemi 2020 lalu hingga saat ini, total ada 46.580 satuan pendidikan yang telah melaksanakan PTM Terbatas.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 45.284 satuan pendidikan atau 97,2 persen, terlapor aman menjalankan PTM Terbatas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, jumlah laporan terkait penularan Covid-19 di satuan pendidikan relatif kecil yaitu 2,8 persen atau 1.296 satuan pendidikan.

“Protokol terkait risiko klaster sekolah ini juga sudah jelas dan ketat diatur di dalam SKB 4 Menteri, termasuk di dalamnya pemerintah daerah menutup sekolah, menghentikan PTM Terbatas, melakukan testing, tracing, dan treatment jika ada temuan kasus positif Covid-19,” kata Jumeri.

Baca juga: Selain PJJ, Adakah Metode Pembelajaran Lain yang Bisa Diterapkan?

Klarifikasi Kemendikbud Ristek

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (25/9/2021) Jumeri meluruskan sejumlah miskonsepsi yang terbentuk di masyarakat mengenai klaster Covid-19 di 2,8 persen satuan pendidikan yang telah melaksanakan PTM terbatas.

1. Data sejak Juli 2020

Pertama, Jumeri menjelaskan bahwa data itu merupakan kompilasi sejak Juli 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.