Kompas.com - 26/09/2021, 13:20 WIB
Angela Merkel dalam ucapan tahun barunya, menyampaikan bahwa Jerman masih dalam status waspada akan virus corona meski tahun sudah berganti dan vaksin sudah mulai diberikan. AFP/MARKUS SCHREIBERAngela Merkel dalam ucapan tahun barunya, menyampaikan bahwa Jerman masih dalam status waspada akan virus corona meski tahun sudah berganti dan vaksin sudah mulai diberikan.

KOMPAS.com - Angela Merkel merupakan Kanselir Jerman yang menjabat sejak tahun 2005. Merkel adalah wanita pertama yang pernah menjabat sebagai Kanselir Jerman.

Tahun ini menjadi tahun terakhir Angela Merkel memimpin “Negeri Panser”. Setelah berkuasa selama hampir dua dekade, Angela Merkel memutuskan pensiun dari kancah politik.

Karena itu, pada pemilu Jerman yang digelar pada Minggu (26/9/2021) ini, untuk pertama kalinya dalam 16 tahun terakhir Angela Merkel tidak bertarung.

Baca juga: Profil Pemimpin Dunia: Angela Merkel, Kanselir Jerman

Ketiadaan Angela Merkel disebut-sebut menjadi salah satu faktor pemilu Jerman kali ini menjadi salah satu yang paling ketat dalam sejarah. Politik Jerman biasanya dikenal stabil dan mudah diprediksi.

Namun, satu hari menjelang hari pemungutan suara, sulit menebak partai mana yang akan menjadi pemenang pemilu.

Profil singkat Angela Merkel

Melansir berita Kompas.com (2/8/2021), Angela Merkel lahir di Hamburg, Jerman Barat, 17 Juli 1954. Wanita yang kini berusia 67 tahun itu terlahir dengan nama Angela Dorothea Kasner.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merkel merupakan politisi kawakan Jerman. Tak hanya menjadi Kanselir, ia juga memimpin Partai Uni Demokratik Kristen atau Christian Democratic Union (CDU).

Ia adalah anak dari Horst Kasner, seorang pendeta yang berasal dari Berlin dan Herlind Jentzsch, seorang guru dari Danzig. Tahun kelahirannya bertepatan dengan penempatan tugas ayahnya untuk melayani gereja di Quitzow, dekat Perleberg, Templin.

Baca juga: Preview Pemilu Jerman: Siapa Kanselir Baru Pengganti Angela Merkel?

Karena tugas sang ayah pula membuat keluarganya ikut berpindah ke sebelah utara Berlin, di Republik Demokratik Jerman yang saat itu berhaluan komunis.

Merkel kemudian menjadi anggota gerakan pemuda resmi Free Germany ketika menjadi murid di Jerman Timur.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.