Preview Pemilu Jerman: Siapa Kanselir Baru Pengganti Angela Merkel?

Kompas.com - 25/09/2021, 20:18 WIB
Kanselir Jerman Angela Merkel. AFP / ODD ANDERSENKanselir Jerman Angela Merkel.

BERLIN, KOMPAS.comPemilu Jerman akan digelar pada Minggu (26/9/2021) untuk memilik kanselir baru.

Tidak seperti pemilu Jerman sebelumnya, peta persaingan tahun ini adalah salah satu yang paling ketat dalam sejarah.

Politik Jerman biasanya dikenal stabil dan mudah diprediksi. Namun, satu hari menjelang hari pemungutan suara, sulit menebak partai mana yang akan menjadi pemenang pemilu.

Baca juga: Jelang Pemilu Jerman, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui

Pemilu tanpa Angela Merkel

Salah satu faktor utama sengitnya pemilu Jerman kali ini adalah, untuk pertama kalinya dalam 16 tahun Kanselir Angela Merkel tidak bertarung.

Setelah memimpin "Negeri Panser” selama hampir dua dekade dan memenangi empat pemilu berturut-turut, Angela Merkel memutuskan pensiun dari kancah politik.

Popularitas dan sosok Angela Merkel menjadi kunci partai aliansi konservatif Kristen Demokrat/Kristen Sosial (CDU/CSU) pimpinannya merajai pemilu Jerman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanpa perempuan berusia 67 tahun itu di surat suara, masih banyak pemilih Jerman yang belum kunjung menentukan pilihan politik mereka.

Volatilitas pemilih terlihat jelas dalam jajak pendapat. CDU/CSU, Partai Sosial Demokrat (SPD), dan Partai Hijau silih berganti memimpin survei dalam setengah tahun terakhir.

Armin Laschet (tengah) Gubernur negara bagian Rhine-Westphalia Utara Jerman dan kandidat utama Demokrat Kristen Jerman untuk pemilu Jerman, tertawa di Erftstadt, Jerman, Sabtu, 17 Juli 2021.AP PHOTO/MARIUS BECKER Armin Laschet (tengah) Gubernur negara bagian Rhine-Westphalia Utara Jerman dan kandidat utama Demokrat Kristen Jerman untuk pemilu Jerman, tertawa di Erftstadt, Jerman, Sabtu, 17 Juli 2021.
CDU/CSU yang juga kerap disebut Union diprediksi akan menjadi partai yang kehilangan paling banyak dukungan

Elektabilitas CDU/CSU terjun bebas sejak masa kampanye dimulai. Rataan survei menunjukan aliansi ini hanya mendapatkan 21-22 persen dukungan, anjlok lebih dari 10 persen berbanding dengan suara pada pemilu 2017.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.