Kompas.com - 26/09/2021, 11:45 WIB
Membasmi siput bisa dengan dua cara, menyemprotnya dengan larutan garam atau menanam pohon yang tak disukai siput. Unsplash/Wolfgang HasselmMembasmi siput bisa dengan dua cara, menyemprotnya dengan larutan garam atau menanam pohon yang tak disukai siput.

KOMPAS.com - Siput adalah hama yang menjengkelkan dan harus dibasmi. Siput biasa bersembunyi di bawah daun, di batang, atau di tanah yang lembab dan akan memakan semua bagian tanaman yang basah dan mengandung air.

Kebanyakan siput akan merusak tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan, memakan daun juga daging buah yang sudah ranum.

Siput akan terus berkembang biak di pekarangan rumah Anda dan merusak tanaman yang memiliki kelembaban tinggi.

Jika Anda terganggu dengan hama siput, Anda bisa melakukan dua hal. Membasminya dengan larutan dari bahan alami, atau menanam tanaman yang ditakuti oleh siput.

Baca juga: Ciri-ciri Tanaman yang Diserang Hama Ulat

Membasmi siput dengan larutan garam

Larutan garam bisa digunakan untuk membasmi hama siput.Unsplash/Joanna Kosinska Larutan garam bisa digunakan untuk membasmi hama siput.
Dilansir dari The Spruce, para pakar botani atau pecinta tanaman biasa menggunakan larutan air garam untuk membasmi siput.

Berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk membasmi siput menggunakan air garam:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Campurkan air bersih dan garam dan masukkan ke botol semprot. Kocok botol hingga garam larut dalam air.
  2. Di waktu malam, cari sarang atau keberadaan siput di pekarangan Anda, dan semprotlah dengan larutan garam yang ada. Kandungan garam akan membuat siput dehidrasi dan kekurangan cairan hingga mati.
  3. Paginya, dengan botol semprot lain, bersihkan sisa air garam yang ada di tanaman dengan semprotan air bersih agar tanaman tak rusak karena air garam.

Baca juga: 4 Pupuk Terbaik untuk Tanaman Anggrek

Tanaman yang tak disukai siput

Untuk mencegah siput mendatangi pekarangan Anda, tanamlah beberapa pohon yang tak disukai oleh siput.

Jika pekarangan Anda dipenuhi tanaman yang tak disukai siput, maka siput tak akan datang mendekat untuk berkembang biak.

Tanaman yang tak disukai siput adalah tanaman yang berdaun tebal, memiliki rambut atau bulu di permukaan daunnya, dan yang daunnya memiliki tekstur kasar.

Tanaman yang menguarkan aroma terlalu kuat juga tak disukai siput. Begitu juga tanaman yang memiliki getah pahit, juga sangat dihindari oleh siput.

Ilustrasi tanaman hias Euphorbia atau mahkota duri.PIXABAY/HARTONO SUBAGIO Ilustrasi tanaman hias Euphorbia atau mahkota duri.
Beberapa tanaman yang tak disukai siput adalah euphorbia, tanaman hias yang memiliki daun tebal dan bercitarasa pahit, yang bisa menjadi racun di tubuh siput.

Kemudian tumbuhan paku-pakuan juga bisa ditanam di pekarangan untuk menghalau siput. Paku-pakuan atau tanaman pakis memiliki dedaunan kasar yang tak memiliki banyak kandungan air, sehingga tak disukai siput.

Selain euphorbia dan paku-pakuan, Anda bisa pula menanam pohon peony, catmint, mawar prapaskah, mint, juga aguilegia.

Baca juga: 5 Penyebab Tanaman Cabai Layu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.