Kompas.com - 26/09/2021, 16:45 WIB
Kenali empat hama yang sering menyerang pohon mangga dan membuat pohon gagal berbuah. Unsplash/Rajendra BiswalKenali empat hama yang sering menyerang pohon mangga dan membuat pohon gagal berbuah.

KOMPAS.com - Hama pohon mangga bisa membuat pohon gagal berbuah. Meski sebenarnya, pohon mangga sendiri adalah tanaman yang mudah ditanam dan dirawat.

Ada beberapa hama yang sering menyerang pohon mangga. Pohon yang bernama Latin Mangifera indica ini mulai keluar buahnya ketika sudah menginjak usia tiga tahun.

Dilansir dari Gardening Know How, pohon mangga akan tumbuh subur di iklim tropis. Agar bisa berbuah lebat, tanam mangga di tanah yang terkena sinar matahari dan di area yang tak terlalu tandus.

Untuk mencegah mangga kekeringan, Anda sebaiknya menyirami tanaman ini secara rutin.

Ketika akan menyirami, cek kondisi tanah yang ada. Jika tanah sudah kering hingga dua inci di atas permukaan tanah, maka sudah saatnya mangga diberi air.

Baca juga: 5 Penyebab Tanaman Cabai Layu

Mengenal hama pohon mangga

Hama wereng dan semut api biasa menyerang kuncup bunga dan daun-daun muda pada pohon mangga.Unsplash/Ghana Shyam Hama wereng dan semut api biasa menyerang kuncup bunga dan daun-daun muda pada pohon mangga.
Ada beberapa jenis hama pohon mangga yang biasa menyerang pohon berdaun lebat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Serangan hama pada pohon mangga bisa menganggu keluarnya buah mangga. Pohon bisa gagal berbuah, atau buahnya keluar namun tidak dalam kondisi bagus. 

Berikut ini 4 jenis hama yang biasa menyerang pohon mangga:

1. Hama penggerek batang

Hama penggerek batang yang menyerang pohon mangga adalah sejenis kumbang berwarna hitam dengan antena panjang dari famili Cerambycidae.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.