Kompas.com - 18/09/2021, 10:45 WIB
Ilustrasi nyamuk. SHUTTERSTOCK/JIADEIlustrasi nyamuk.

KOMPAS.com - Nyamuk bukan hanya bisa membuat gatal di area kulit yang digigitnya, tetapi nyamuk tertentu dapat membawa penyakit berbahaya bagi manusia.

Selain itu, nyamuk pun kerap mengganggu dengan mendengung di dekat telinga. Oleh sebab itu, banyak orang ingin membasmi nyamuk di dalam rumah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membasmi nyamuk di rumah, termasuk menggunakan obat atau lotion anti nyamuk.

Akan tetapi, penggunaan obat atau lotion anti nyamuk yang mengandung bahan kimia dapat berbahaya jika digunakan setiap hari, apalagi bila ada anak atau hewan peliharaan di rumah.

Ketimbang mencoba hal itu, lebih baik gunakan cara mengusir nyamuk yang lebih alami, yakni dengan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Dilansir dari DIY & Crafts melalui KOMPAS.com, berikut ini 9 tanaman pembasmi nyamuk di dalam rumah.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Tikus di Rumah Tanpa Membunuhnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Sereh atau serai

Selain dapat menambah citarasa masakan, sereh atau serai ternyata juga bisa mengusir nyamuk dari rumah. Tanaman yang dikenal juga dengan sebutan Citronella ini sering digunakan sebagai bahan larutan penyemprot nyamuk.

Sereh memiliki aroma khas yang segar dan kuat, namun tak disukai oleh nyamuk. Oleh sebab itu, letakkan tanaman sereh di luar dan dalam ruangan agar tak ada lagi nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

2. Lavender

Tanaman pembasmi nyamuk selanjutnya adalah lavender. Sama seperti sereh, lavender pun sering dijadikan bahan larutan pengusir nyamuk.

Lavender memiliki aroma yang menenangkan bagi manusia, tetapi tidak untuk nyamuk. Aroma khas yang kuat dari tanaman lavender mampu mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Cara merawatnya pun sangat mudah, lavender tahan terhadap kekeringan dan dapat tumbuh dengan baik di tempat dengan sinar matahari penuh dan drainase yang cukup.

Baca juga: Ilmuwan China Gunakan Teknologi Nuklir untuk Membasmi Nyamuk

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.