Kompas.com - 17/09/2021, 21:30 WIB
Sering pipis tengah malam disebut nocturia, gangguan kesehatan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Unsplash/Sam MoqadamSering pipis tengah malam disebut nocturia, gangguan kesehatan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.

KOMPAS.com - Nocturia adalah keinginan buang air kecil yang terjadi tengah malam di sela-sela waktu tidur.

Ketika fase tidur sudah memasuki tidur nyenyak, alarm kandung kemih berbunyi nyaring. Akibatnya mau tak mau Anda harus bangkit dari kasur untuk menunaikan hajat kecil, menuju kamar mandi. 

Nocturia atau kebiasaan sering terbangun karena keinginan pipis atau buang kecil di tengah malam ini jangan disepelekan. Karena bisa jadi itu adalah tanda dari beberapa penyakit yang tidak sederhana.

Dilansir dari Menshealth, frekuensi dari berkemih lah yang membedakan itu alarm dari sebuah penyakit yang berbahaya ataukah hanya sistem metabolisme tubuh yang alami saja.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Tidur Mengigau

Berbagai penyebab nocturia 

Nocturia disebabkan karena kandung kemih tak bisa menahan jumlah urin. Hal ini bisa karena produksi urin meningkat di malam hari lantaran Anda mengonsumsi air atau minuman terlalu banyak.

Tapi jika terjadi setiap hari, atau jika nocturia membuat aktivitas siang hari Anda jadi terganggu karena kurangnya jam tidur, maka bisa jadi itu adalah gejala dari berbagai penyakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan nocturia:

1. Tekanan darah tinggi

Ilustrasi tekanan darah tinggi pada anak Ilustrasi tekanan darah tinggi pada anak
Berdasarkan studi tahun 2009, ditemukan bahwa orang-orang yang terbangun tengah malam untuk pipis setidaknya sekali, 40 persennya memiliki tekanan darah tinggi.

Meski ini bukan penemuan pasti, namun bisa menjadi peringatan bagi Anda yang sering terbangun tengah malam untuk berkemih.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.