Kompas.com - 25/09/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin Covid-19.

KOMPAS.com - Vaksin Covid-19 telah didistribusikan sejak beberapa waktu lalu. Kini, seiring peningkatan vaksinasi di Indonesia, risiko infeksi virus Corona di Tanah Air diharapkan dapat berkurang.

Vaksin Covid-19 bisa didapatkan oleh semua orang, kecuali yang mengalami masalah kesehatan tertentu dan tidak dianjurkan oleh dokter.

Seperti yang diketahui, vaksin Covid-19 dapat menimbulkan efek samping bagi sebagian penerimanya. Efek yang muncul pada setiap orang pun seringkali berbeda.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan penerima vaksin Covid-19, baik sebelum maupun sesudah vaksinasi.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (24/6/2021), berikut ini 5 hal yang harus dilakukan sesudah menerima vaksin Covid-19.

Baca juga: Alasan Vaksin Pfizer Belum Boleh untuk Anak di Bawah 12 Tahun

1. Tetep di lokasi pemberian vaksin Covid-19

Hal pertama yang harus dilakukan setelah menerima vaksin Covid-19 adalah tetap berada di lokasi pemberian selama 15 sampai 30 menit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu harus dilakukan untuk mengobservasi kemungkinan adanya reaksi alergi atau efek samping lainnya dari vaksin Covid-19.

Tanda-tanda alergi terhadap vaksin adalah gatal di seluruh tubuh, muntah, bersin-bersin, sesak napas, hingga pingsan. Akan tetapi, reaksi alergi akibat vaksin sangat jarang dilaporkan.

2. Cari informasi tentang vaksinasi dosis kedua

Pastikan penerima vaksin Covid-19 mengetahui jadwal vaksinasi berikutnya sebelum meninggalkan lokasi pemberian vaksin. Tanyakan hal tersebut kepada petugas di lokasi vaksinasi.

Seperti yang diketahui, vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia membutuhkan dua dosis agar dapat bekerja secara optimal.

Baca juga: [HOAKS] Vaksin Covid-19 Sebabkan Pembengkakan Testis dan Impoten

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.