Kompas.com - 25/09/2021, 16:15 WIB
Simbol zodiak ShutterstockSimbol zodiak

KOMPAS.com - Zodiak atau ramalan bintang merupakan salah satu jenis ramalan yang masih populer hingga kini. Tidak sedikit orang yang percaya atau merasa akurat dengan isi ramalan zodiak.

Zodiak adalah ramalan yang didasarkan pada kecocokkan waktu lahir seseorang dengan rasi bintang. Ada 12 jenis zodiak sesuai dengan jumlah bulan dalam kalender masehi.

Ramalan zodiak mudah ditemui di mana-mana. Jika zaman dahulu ramalan zodiak hampir selalu ditemui di rubrik zodiak atau horoskop di majalah-majalah gaya hidup, sekarang ramalan zodiak berseliweran di lini masa-lini masa media sosial mulai dari Instagram sampai Twitter.

Baca juga: Sering Merasa Akurat dengan Ramalan Zodiakmu? Ini Alasannya...

Lalu mengapa orang bisa percaya atau merasa akurat dengan ramalan zodiak? 

Fenomena Barnum Effect pada Zodiak

Dikutip dari berita Kompas.com (23/2/2020), fenomena psikologis yang membuat orang merasa deskripsi mengenai diri mereka akurat dengan zodiak-zodiak disebut Barnum Effect.

Apa yang dimaksud dengan Barnum Effect?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Barnum Effect diambil dari nama seorang penggiat hiburan di AS, Phineas Taylor Barnum (P.T. Barnum).

Barnum Effect, disebut juga Forer Effect, merupakan fenomena yang melanda seorang individu ketika ia percaya bahwa sebuah deskripsi ditujukan personal untuk dirinya.

Padahal, deskripsi tersebut ditujukan kepada orang banyak. Hal itu berarti, seseorang akan merasa bahwa informasi yang didapatkan untuk dirinya adalah benar meski informasi tersebut sangatlah umum.

Barnum Effect ini jugalah yang membuat orang-orang merasa akurat dengan isi dari ramalan zodiak sehingga mempercayainya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.