Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Kelompok Orang yang Tidak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19

Kompas.com - 18/09/2021, 09:04 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 sudah berjalan mulai awal tahun 2021 hingga saat ini terus dilakukan untuk mencapai herd immunity.

Asisten Operasi (Asops) Kapolri Inspektur Jenderal Imam S dalam keterangannya secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden mengatakan hingga Selasa (14/9/2021), tercatat total vaksin Covid-19 yang sudah dimiliki Indonesia saat ini menjadi lebih 234 juta, terdiri dari vaksin jadi maupun bulk (curah).

Menurutnya, tidak hanya dalam sisi pengamanan stok maupun distribusi vaksin, Polri dan TNI juga membantu dalam melaksanakan vaksinasi.

Adapun jumlah vaksin yang sudah terdistribusi ke Polri sejak Februari 2021 hingga September 2021 sebanyak 36.729.982 dosis.

Kemudian, jumlah orang yang sudah divaksin sebanyak 22.006.078 orang. Selain itu, untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi, Polri menurunkan personel sebagai tenaga vaksinator sebanyak 5.371 personel dengan gerai presisi sebanyak 2.105 gerai.

Baca juga: Terbaru, Ini 12 Kondisi Orang yang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19

"Hingga hari ini sekitar 73 juta orang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Itu artinya sekitar 35 persen dari target atau sasaran vaksinasi yang berjumlah 208 juta penduduk Indonesia untuk bisa membangun herd immunity," ungkap Imam.

Pada awal Januari 2021, terdapat 15 kelompok orang yang tidak bisa divaksinasi. Namun saat ini ibu hamil sudah bisa mendapatkan vaksinasi asalkan tidak ada komorbid parah.

Berikut ini beberapa kelompok masyarakat yang tidak bisa mendapat vaksinasi Covid-19:

  1. Terkonfirmasi menderita Covid-19
  2. Orang dengan tekanan darah 1180/110 atau lebih
  3. Penyintas Covid-19 kurang dari 3 bulan
  4. Mengalami gejala ISPA, seperti batuk, pilek, sesak napas dalam 7 hari terakhir
  5. Ada anggota keluarga serumah yang kontak erat atau suspek atau konfirmasi atau sedang dalam perawatan karena penyakit Covid-19 sebelumnya
  6. Memiliki riwayat alergi berat atau mengalami gejala sesak napas, bengkak, dan kemerahan setelah divaksinasi Covid-19 sebelumnya (untuk vaksinasi ke-2)
  7. Sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah
  8. Menderita penyakit jantung (gagal jantung atau penyakit jantung koroner)
  9. Menderita penyakit autoimun sistemik (SLE atau lupus, Sjogren, vaskulitis, dan autoimun lainnya Menderita penyakit ginjal (penyakit ginjal kronis atau sedang menjalani hemodialysis atau dialysis peritoneal atau transplantasi ginjal atau sindroma nefrotik dengan kortikosteroid
  10. Menderita penyakit Reumatik Autoimun atau Rhematoid Arthritis
  11. Menderita penyakit saluran pencernaan kronis
  12. Menderita penyakit hipertiroid atau hipotiroid karena autoimun
  13. Menderita HIV dengan angka CD4 kurang dari 200 atau tidak diketahui

Baca juga: 15 Kondisi Orang yang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19

(Sumber: Kompas.com Penulis Irawan Sapto Adhi, Retia Kartika Dewi, Dian Erika Nugraheny | Editor Irawan Sapto, Inggried Dwi Wedhaswary, Diamanty Meiliana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com