Kompas.com - 20/09/2021, 08:57 WIB
Ilustrasi salju, musim dingin, musim salju. SHUTTERSTOCKIlustrasi salju, musim dingin, musim salju.

KOMPAS.com - Hari ini 19 tahun lalu, tepatnya 20 September 2002, sejarah mencatat, terjadi bencana longsor salju di Rusia mengubur sebuah desa dan menewaskan lebih dari 100 orang.

Longsor salju itu berasal dari gletser Kolka yang berada di atas kota Vladikavkaz, Ossetia Utara, dan mengubur desa Karmadon di bawah timbunan salju.

Melansir History, bencana tersebut bermula ketika wilayah Ossetia Utara di Rusia dilanda banjir parah pada Juni 2002.

Banjir yang dibarengi dengan kedatangan musim panas yang lebih awal serta lebih panas itu terbukti menjadi permulaan dari bencana yang jauh lebih besar pada bulan September 2002.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Insiden Hotel Yamato, Latar Belakang, dan Detail Peristiwanya

Desa yang terkubur salju

Pada 20 September 2002 sore, bongkahan es dengan tinggi sekitar 121 meter pecah dari gletser besar di atas Vladikavkaz dan jatuh ke sisi gunung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Longsoran yang dihasilkan dari pecahan itu meluncur dengan kecepatan yang terus bertambah, hingga mencapai hampir 160 km per jam pada kecepatan tercepatnya.

Longsoran itu bergerak hingga sejauh 32 km, dan menghancurkan semua yang ada di jalurnya, termasuk sebuah desa bernama Karmadon.

Desa Karmadon yang berada di jalur longsoran itu benar-benar terkubur oleh berton-ton batu dan es. Upaya penyelamatan segera dimulai dan berlanjut selama berminggu-minggu.

Berkat kerja keras yang dilakukan, 27 orang berhasil ditarik keluar dari timbunan salju dalam keadaan hidup.

Akan tetapi, menemukan jenazah korban ternyata jauh lebih sulit. Bahkan, berminggu-minggu setelah longsoran salju itu terjadi, hanya sedikit yang berhasil ditemukan dari 150 orang yang dilaporkan hilang

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.