Kompas.com - 19/09/2021, 21:54 WIB
Ilustrasi matahari freepik.com/kjpargeterIlustrasi matahari

KOMPAS.com - Keberadaan matahari sangat penting, terutama bagi kehidupan di Bumi. Jika tak ada matahari, tentu tak perlu menunggu waktu lama, kehidupan di planet kita akan kacau bahkan musnah.

Seperti yang diketahui, Bumi dan planet lainnya di galaksi Bimasakti berputar mengitari matahari.

Diameter Matahari mencapai 109 kali diameter Bumi, yakni 1,4 juta km. Ukuran matahari bahkan lebih besar dibandingkan benda antariksa lainnya di tata surya.

Akan tetapi, belum lama ini ilmuwan telah memprediksi waktu matahari akan redup atau mati dan akhir Tata Surya.

Sebelumnya, para astronom mengira saat matahari mati akan berubah menjadi nebula planet, yakni gelembung gas dan debu yang bercahaya.

Tim astronom internasional menemukan bahwa nebula planet mungkin memang mayat Matahari.

Baca juga: Temuan Terbaru NASA: Planet dengan Suhu Mirip Bumi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kapan Matahari mati?

Ilmuwan menjelaskan bahwa Matahari berusia sekitar 4,6 miliar tahun. Penghitungan itu berdasarkan usia benda-benda lain di Tata Surya yang terbentuk sekitar waktu yang sama.

Berdasarkan pengamatan pada bintang-bintang lain, para astronom memperkirakan, Matahari akan dalam waktu sekitar 10 miliar tahun lagi.

Dilansir dari Science Alert melalui KOMPAS.com, dalam waktu sekitar 5 miliar tahun lagi, Matahari akan berubah menjadi "raksasa merah".

Inti bintang akan menyusut, tetapi lapisan luarnya akan meluas hingga orbit Mars. Para ilmuwan menjelaskan bahwa kecerahan Matahari terus meningkat sekitar 10 persen setiap satu miliar tahun.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.