Temuan Terbaru NASA: Planet dengan Suhu Mirip Bumi

Kompas.com - 13/06/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi planet seukuran Bumi, exoplanet yang belum lama ini ditemukan peneliti berada di bintang Proxima Centauri. SHUTTERSTOCK/Jurik PeterIlustrasi planet seukuran Bumi, exoplanet yang belum lama ini ditemukan peneliti berada di bintang Proxima Centauri.

KOMPAS.com - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyampaikan temuan terbarunya. Para peneliti di Jet Propulsion Laboratory NASA dan University of New Mexico, Amerika Serikat, mengungkapkan temuan planet mirip Bumi.

Temuan planet tersebut membuat para ilmuwan bersemangat untuk memburu kehidupan di luar Bumi. Para peneliti mengidentifikasi eksoplanet tersebut sebagai TOI-1231b yang mengorbit bintang katai M, atau yang dikenal sebagai katai merah.

Dilansir dari The Independent, Sabtu (12/6/2021), para ilmuwan mampu mengkarakterisasi bintang itu, dan mengukur jari-jari, serta massa dari eksoplanet TOI-1231b.

Baca juga: Satelit NASA Berhasil Memotret Ganymede, Benda Langit yang Ajaib

Selanjutnya, informasi ini memberi mereka data yang diperlukan untuk menghitung kepadatan, dan berhipotesis dari apa atmosfer terbuat. Planet mirip Bumi ini berukuran sub-Neptunus yang memiliki iklim sedang dengan orbit 24 hari, delapan kali lebih dekat ke bintangnya daripada Bumi ke matahari.

Akan tetapi, suhu planet ini, menurut peneliti NASA, mirip dengan Bumi. Sebab, bintang katai merah itu sendiri tidak cukup kuat. Atmosfer planet tersebut yang berkisar 140 derajat Fahrenheit, menjadikan TOI-1231b sebagai salah satu exoplanet kecil paling dingin yang dapat diakses untuk studi atmosfer yang pernah ditemukan.

Ada kemungkinan bahwa ada awan tinggi yang berada lebih tinggi di atmosfer, dan mungkin bukti adanya air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pengamatan di masa depan dari planet baru ini akan memungkinkan kita menentukan seberapa umum (atau jarang) awan air terbentuk di sekitar dunia beriklim sedang ini,” kata ilmuwan NASA JPL Jennifer Burt.

Baca juga: NASA Bakal Luncurkan Dua Misi ke Venus pada 2030

Asisten profesor di Departemen Fisika dan Astronomi UNM Diana Dragomir juga menambahkan bahwa studi lebih lanjut akan diperlukan untuk memahami secara tepat bagaimana komposisi planet baru yang ditemukan ilmuwan NASA, yang disebut mirip Bumi ini.

"Kepadatan rendah TOI-1231b menunjukkan bahwa ia dikelilingi oleh atmosfer yang substansial daripada menjadi planet berbatu. Tapi komposisi dan luasnya atmosfer ini tidak diketahui!" kata Dragomir.

Lebih lanjut Dragomir mengatakan TOI-1231b dapat memiliki atmosfer hidrogen atau hidrogen-helium yang besar, atau atmosfer uap air yang lebih padat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X