Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Sehat Minum Kopi

Kompas.com - 31/07/2021, 17:48 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kopi termasuk minuman yang paling populer di dunia. Penikmatnya berasal dari semua kalangan. Tidak hanya menyajikan cita rasa yang nikmat, kopi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu kandungan yang penting dalam kopi adalah antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan. Meski begitu, kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan efek ketergantungan.

Selain itu juga masih ada beberapa efek samping lain yang ditimbulkan dari mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Baca juga: Pilih Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

Nah, agar mengonsumsi kopi jadi lebih sehat, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Seperti diberitakan Kompas Sains yang melansir Healthline, berikut ini adalah 6 tips sehat minum kopi:

1. Jangan minum terlalu banyak

Kopi memiliki kandungan kafein yang bisa menyebabkan efek ketergantungan. Karena itu, mengonsumsi kopi secara berlebihan tidak dianjurkan.

Selain efek ketergantungan, asupan kafein yang berlebihan bisa memberikan efek samping yang bervariasi, bergantung pada sensitivitas orang yang mengonsumsinya.

Secara umum, para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi kopi tidak lebih dari 2,5 mg per kilogram berat badan per hari.

Secangkir kopi rata-rata mengandung sekitar 95 mg kafein, yang setara dengan sekitar dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat badan 80 kg.

2. Kurangi penggunaan gula

Kopi memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun dengan catatan kopi murni tanpa tambahan seperti gula atau lainnya.

Karena itu memasukkan banyak gula ke dalam kopi akan memberikan efek negatif terhadap kesehatan. Pasalnya, gula dengan fruktosa yang tinggi terkait dengan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Bagi sebagian orang minum kopi tanpa gula akan mengurangi cita rasa kopi. Namun untuk mengatasinya kamu bisa gunakan pemanis alami seperti stevia sebagai bahan pengganti gula.

Baca juga: Tak Hanya Segar, Petik 3 Manfaat Minum Kopi Cold Brew untuk Kesehatan

3. Jangan minum kopi setelah pukul 14.00

Kopi merupakan stimulan yang mampu mengembalikan energi dan membuat orang yang mengonsumsinya tetap terjaga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com