Kompas.com - 31/07/2021, 17:48 WIB
Memilah waktu terbaik mengonsumsi kopi Unsplash/Zach RamelanMemilah waktu terbaik mengonsumsi kopi

KOMPAS.com - Kopi termasuk minuman yang paling populer di dunia. Penikmatnya berasal dari semua kalangan. Tidak hanya menyajikan cita rasa yang nikmat, kopi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu kandungan yang penting dalam kopi adalah antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan. Meski begitu, kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan efek ketergantungan.

Selain itu juga masih ada beberapa efek samping lain yang ditimbulkan dari mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Baca juga: Pilih Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

Nah, agar mengonsumsi kopi jadi lebih sehat, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Seperti diberitakan Kompas Sains yang melansir Healthline, berikut ini adalah 6 tips sehat minum kopi:

1. Jangan minum terlalu banyak

Kopi memiliki kandungan kafein yang bisa menyebabkan efek ketergantungan. Karena itu, mengonsumsi kopi secara berlebihan tidak dianjurkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain efek ketergantungan, asupan kafein yang berlebihan bisa memberikan efek samping yang bervariasi, bergantung pada sensitivitas orang yang mengonsumsinya.

Secara umum, para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi kopi tidak lebih dari 2,5 mg per kilogram berat badan per hari.

Secangkir kopi rata-rata mengandung sekitar 95 mg kafein, yang setara dengan sekitar dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat badan 80 kg.

2. Kurangi penggunaan gula

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.