Disuntik Terawan Vaksin Nusantara, Moeldoko: Biarlah Saya Ikut Coba Dulu

Kompas.com - 31/07/2021, 15:19 WIB
Moeldoko memperoleh suntikan Vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Subroto, Jumat (30/7/2021) Moeldoko memperoleh suntikan Vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Subroto, Jumat (30/7/2021)

KOMPAS.com - Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menerima suntikan vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Soebroto, Jumat (30/7/2021) sore. Melalui unggahan akun Instagram resminya, @dr_moeldoko, ia menyampaikan kabar tersebut.

Moeldoko mengungkapkan, suntikan Vaksin Nusantara itu diberikan langsung oleh mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Hari ini, saya menerima suntikan vaksin Nusantara untuk mencegah penularan Covid-19 dari Letjend (Purn) Terawan Agus Putranto di RSPAD Gatot Soebroto," ujar Moeldoko dikutip Kompas.com, Jumat (30/7/2021)

Sebelum menerima suntikan vaksin yang digagas Terawan tersebut, Moeldoko telah menerima suntikan dua dosis vaksin Covid-19 pada Maret 2021.

Dosis pertama diterima Moeldoko pada 3 Maret 2021. Lalu mantan Panglima TNI itu menerima dosis kedua pada 31 Maret 2021 di Ruang MCU RSPAD Gatot Soebroto.

Baca juga: Moeldoko Beri Waktu 1×24 Jam ke ICW untuk Buktikan Tuduhan soal Keterlibatan dengan Produsen Ivermectin

Menurut Moeldoko, pengembangan vaksin Nusantara merupakan inovasi dari anak bangsa untuk berperan serta dalam mengatasi pandemi Covid-19. Ini menjadi alasan mengapa dia mau menjadi partisipan vaksin yang masih dalam proses pengembangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Biarlah saya ikut mencoba dulu sebagai dukungan pada kerja keras anak bangsa. Semoga dukungan saya ini tidak diasumsikan macam-macam," tambah dia.

Pakai metode dendritik

Sebagaimana diketahui, Mantan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto bersama dengan Aivita Biomedical Corporation AS menggagas vaksin nusantara berbasis sel dendritik. Terawan mengklaim vaksin Nusantara sebagai vaksin Covid-19 pertama di dunia yang menggunakan sel dendritik.

Untuk itu, bahan dasar vaksin yang diterima Moeldoko berasal dari sel darah tubuhnya sendiri.

"Setelah sel itu melalui proses di laboratorium, sel darah tersebut kembali dimasukkan ke dalam tubuh saya," ujarnya.

Baca juga: Polemik dengan ICW, Ini Deretan Klaim Moeldoko soal Ivermectin

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.