6 Penyebab, Tanda-Tanda dan Cara Mencegah Tanaman Kaktus Agar Tak Mati

Kompas.com - 31/07/2021, 13:55 WIB
Ilustrasi tanaman kaktus Unsplash/Topcools TeeIlustrasi tanaman kaktus

KOMPAS.comKaktus tergolong tanaman yang perawatannya mudah lantaran tetap bisa hidup dibiarkan lama tanpa air. Meski begitu, Anda perlu tetap perhatian terhadap perubahan yang dialami agar tiba-tiba kaktus tak mati.

Kaktus memiliki akar yang panjang yang bertugas mencari sumber air. Duri-durinya bertugas menutupi penampang batang sehingga mengurangi intensitas penguapan.

Keunggulan kaktus inilah yang membuat pecinta tanaman jatuh hati. Letakkan saja di dalam pot yang mendapat asupan sinar matahari cukup maka kaktus akan terus hidup dan terus tumbuh.

Meski begitu, layaknya makhluk hidup, kaktus pun bisa jatuh sakit. Jika Anda tak memahami kondisi ini, maka kaktus akan terus sakit dan beresiko mati.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (16/2/2021), kematian kaktus kemungkinan besar berkaitan dengan kelembaban yang berlebih di sekitar akar.

Faktor-faktor lain juga berpengaruh, seperti penanaman terlalu dalam, suhu rendah, dan jamur pantogen. Berikut ini beberapa potensi masalah yang bisa menimpa kaktus serta cara mengatasinya:

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Kaktus yang Perlu Diketahui

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Terlalu banyak air

Tanah dengan drainase yang buruk dan penyiraman berlebihan, dapat dengan cepat membunuh kaktus. Termasuk membuatnya rentan terhadap invasi oleh patogen jamur yang terbawa tanah.

Kaktus memang membutuhkan tanah yang cepat kering, namun tanah dengan kandungan pasir yang terlalu tinggi tidak dapat mempertahankan kelembaban dan nutrisi yang cukup.

Berilah tanah dengan kompos yang sudah lapuk atau lumut gambut, lalu tandai pot dengan label.

Pada penanaman luar ruangan, ubahlah tanah sehingga mengandung hingga 25 persen batu apung untuk meningkatkan drainase tanah.

Anda perlu mengingat aturan umum menanam kaktus:

Siramlah ketika tanah 2 hingga 3 inci di bawah permukaan tanah benar-benar kering. Atau siramlah setiap 2 minggu ketika kaktus tumbuh di tanah yang baik dan dikeringkan dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.