Polemik dengan ICW, Ini Deretan Klaim Moeldoko soal Ivermectin

Kompas.com - 31/07/2021, 08:40 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengklaim, sebanyak 15 negara menekan kasus Covid-19 karena menggunakan obat Ivermectin. Tribun NewsKepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengklaim, sebanyak 15 negara menekan kasus Covid-19 karena menggunakan obat Ivermectin.

KOMPAS.com - Polemik keterlibatan pejabat terhadap upaya promosi Ivermectin sebagai obat Covid-19 terus berlanjut. Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko membantah tuduhan Indonesia Corruption Watch (ICW) terhadap dirinya.

Kuasa Hukum Moeldoko, Otto Hasibuan membantah anggapan bahwa kliennya mempromosikan obat Ivermectin untuk terapi Covid-19. Menurut dia, tidak ada fakta yang menunjukkan bahwa Moeldoko mempromosikan obat yang diproduksi PT Harsen Laboratories itu.

"Saya kira tidak ada fakta bahwa pak Moeldoko itu mempromosikan Ivermectin. Itu kan hanya yang disampaikan orang. Di mana bukti-bukti bahwa Pak Moeldoko mempromosikan Ivermectin?" ujar Otto dalam konfefensi pers secara daring pada Kamis (29/7/2021).

Oleh karena itu, Otto meminta Indonesia Coruption Watch yang menurutnya menyebutkan soal promosi itu untuk memaparkan bukti. Ia menekankan, perlu dijelaskan lebih detail apa yang dimaksud dengan mempromosikan suatu produk seperti Ivermectin.

Baca juga: Pengacara: Tak Ada Fakta Pak Moeldoko Promosikan Ivermectin

"Apakah pernah ada di iklan mempromosikan ‘Pakailah Ivermectin’. Itu kan tidak pernah begitu. Jadi ini perlu kita bicarakan betul-betul kriteria mempromosikan kayak apa. Jadi jangan dikait-kaitkan begitu," ucap dia.

Kirim 2.500 dosis Ivermectin ke Kudus

Dari berbagai pemberitaan, Kompas.com merangkum sejumlah pernyataan Moeldoko seputar Ivermectin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko mengaku telah mengirimkan obat Ivermectin ke anggota-anggota HKTI di berbagai penjuru Tanah Air. Langkah itu ia tempuh lantaran ia meyakini efektivitas Ivermectin untuk menyembuhkan Covid-19.

Moeldoko menyatakan sudah tidak asing lagi dengan Ivermectin. Maka dari itu, ia telah mengirimkan puluhan ribu dosis Ivermectin untuk warga Kudus yang saat itu mengalami lonjakan kasus Covid-19 pada 7 Juni 2021.

Baca juga: Akui sebagai Obat Cacing, Moeldoko Klaim Ivermectin Efektif untuk Penyembuhan Covid-19


“Awal bulan ini (Juni, red) ketika saya melakukan tindakan cepat dan terukur untuk menolong masyarakat Kudus yang sedang menderita dihajar Covid, mungkin ada yang merasa heran. Sekarang terbukti bahwa itu tindakan yang tepat,” ucap Moeldoko dalam sebuah diskusi daring seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (28/6/2021).

Moeldoko menyebut, langkah itu ia tempuh berdasar pengetahuan dan keyakinannya terhadap manfaat Ivermectin yang mampu menurunkan jumlah penderita dan kematian akibat Covid-19 di India serta 15 negara lainnya di dunia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.