Kompas.com - 31/07/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi mencuci pakaian, mencuci pakaian pasien Covid-19 Freepik/Cookie StudioIlustrasi mencuci pakaian, mencuci pakaian pasien Covid-19

KOMPAS.com - Ketika ada anggota keluarga yang terkena Covid-19, perlu kiranya memberi disinfektan ketika mencuci baju-baju yang habis dikenakan oleh anggota keluarga yang tengah sakit tersebut.

Virus, bakteri dan kuman bisa menempel berlama-lama pada pakaian kotor. Kemudian dari permukaan pakaian kotor, virus bisa berpindah ke ember atau tabung mesin cuci.

Jadi penting untuk memberi disinfektan pada pakaian kotor, agar virus tak menyebar kemana-mana dan seluruh anggota keluarga aman dari berbagai ancaman penyakit.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Taplak Meja dari Noda Makanan

Jenis disinfektan untuk cucian

Ilustrasi mencuci pakaian. FREEPIK/PRESSFOTO Ilustrasi mencuci pakaian.
Dilansir dari The Spruce, ada beberapa jenis disinfektan untuk pakaian kotor yang aman dan tidak merusak serat-serat kain.

Tiga jenis disinfektan ini aman untuk kain dan efektif digunakan membunuh virus dan kuman yang menempel di serat-serat kain.

1. Disinfektan pine oil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Disinfektan ini efektif di dalam air panas dan air hangat, dan bisa digunakan untuk membersihkan pakaian putih atau pun berwarna.

Agar bisa bekerja maksimal, beri disinfektan ini di air pertama rendaman cucian.

2. Disinfektan phenolic

Disinfektan phenolic seperti Meytol dan Dettol juga sama seperti pine oil, efektif jika digunakan di dalam air hangat atau panas.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.