Kompas.com - 26/07/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi aplikasi kasir online Unsplash/Patrick TomassoIlustrasi aplikasi kasir online

KOMPAS.com - Pelaku UMKM atau industri rumahan kecil biasanya mendirikan usahanya dengan sumber daya yang masih sangat terbatas.

Begitu pula dengan modal dalam hal ini aset usaha, juga dalam kondisi yang sangat terbatas dan mininum. 

Nah aplikasi kasir online, merupakan aplikasi yang dipercaya bisa mendukung jalannya usaha industri rumahan, mempermudah operasional sehari-hari mereka.

Point of Sale (POS) atau aplikasi kasir online adalah sebuah sistem aplikasi yang mencatat transaksi penjualan dan stok barang secara otomatis dengan menggunakan jaringan internet.

Awalnya aplikasi kasir online ini hanya digunakan oleh pelaku usaha kuliner saja. Namun kini sudah semakin banyak pelaku usaha bidang lain yang juga menggunakan aplikasi ini.

Baca juga: Kapan BLT UMKM 2021 Cair? Ini Penjelasan Kemenkop UKM

Keuntungan aplikasi kasir online

Banyak keuntungan dari aplikasi ini. Yang pertama, aplikasi ini mencatat seluruh transaksi penjualan secara terperinci, sehingga Anda tak mungkin kehilangan catatan transaksi seperti yang sering terjadi di metode pencatatan manual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda juga bisa kapan saja melihat informasi soal stok barang yang masih ada, harga barang per satuan, barang apa yang paling laris, dan barang apa yang masih menumpuk karena kurang peminat. 

Aplikasi kasir online terbaru bahkan juga sudah bisa mencetak struk dan menerima pembayaran melalui kartu debit atau kredit.

Hal ini tentu saja memudahkan transaksi dan merupakan layanan lebih untuk konsumen.

Keuntungan lain, penggunaan aplikasi aksir online tak berbiaya mahal, sehingga bisa digunakan oleh pelaku usaha kecil sekali pun. 

Baca juga: 4 Sertifikasi Gratis Kemenkop UKM untuk Usaha Mikro, Catat Syaratnya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.