PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Syarat Penumpang KA Jarak Jauh dan KA Lokal

Kompas.com - 26/07/2021, 13:30 WIB
PT KAI Daop 9 tetap mengoperasikan layanan kereta api jarak jauh dan dekat pada masa PPKM darurat Kompas.com/Dokumentasi Humas PT KAI Daop 9 PT KAI Daop 9 tetap mengoperasikan layanan kereta api jarak jauh dan dekat pada masa PPKM darurat

KOMPAS.com - Pemerintah resmi memperpanjang penerapan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021. 

Sebelumnya PPKM Darurat yang diubah menjadi PPKM Level 4 diberlakukan sejak 3 Juli 2021 mengingat kasus Covid-19 di Indonesia mengalami lonjakan drastis. 

Terkait keputusan perpanjangan PPKM tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan penyesuaian syarat penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api jarak jauh (KAJJ).

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 2 Agustus, Makan di Warung Maksimal 20 Menit

Syarat penumpang KA jarak jauh

Mulai hari Senin (26/7/2021), seluruh pengguna KAJJ di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes PCR atau rapid test antigen.

Tes PCR maksimal dilakukan dalam kurun waktu 2x24 jam, sedangkan untuk rapid test antigen maksimal 1x24 jam sebelum waktu keberangkatan.

Selain itu bagi penumpang KAJJ di Pulau Jawa, juga wajib untuk menunjukkan surat vaksinasi atau bukti telah mendapatkan suntikan vaksin minimal dosis pertama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Khusus perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama,” ujar VP Public Relations PT KAI Joni Martinus kepada Kompas.com, Senin (26/7/2021).

Joni menjelaskan, pelanggan KAJJ yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis tetap dapat menggunakan moda transportasi ini, dengan menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis, dan disertai surat negatif RT-PCR atau rapid test antigen yang masih berlaku.

Bagi penumpang usia di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin.

Sementara pelanggan usia di bawah 5 tahun tidak diharuskan menunjukkan hasil RT-PCR atau rapid test antigen.

Baca juga: Tidak Wajib STRP, Ini Syarat Terbaru Penumpang Kereta Api dari Jakarta

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.