Polda Jatim Usut Pelaku Pencoretan Baliho Puan Maharani di Blitar

Kompas.com - 25/07/2021, 23:27 WIB
Ketua DPR RI Dr. (H. C) Puan Maharani.
DOK. Humas DPR RIKetua DPR RI Dr. (H. C) Puan Maharani.

KOMPAS.com – Coretan “Open BO” pada baliho yang memuat foto Puan Maharani dilaporkan oleh salah satu kader PDI Perjuangan ke Polres Blitar, Jumat (23/7/2021).

Baliho berukuran sekitar 2x3 meter tersebut dicoret dengan tulisan “Open BO” menggunakan cat hitam tepat di dekat foto putri Megawati Soekarnoputri tersebut.

Dipastikan pelaku vandalisme ini harus menggunakan tangga untuk membuat coretan tersebut mengingat baliho dipasang di ketinggian sekitar tiga meter.

Pemasangan baliho ini dalam rangka menjelang pelaksanaan rapat kerja daerah (Rakerda) DPD PDI Perjuangan Jawa Timur yang berlangsung pada Senin, 21 Juni 2021.

Merespons laporan dari kader PDI Perjuangan tersebut, Polda Jawa Timur telah mengirim personel ke Kabupaten Blitar untuk mengusut kasus vandalisme ini.

Baca juga: Baliho Puan Maharani Dicoreti Open BO, Polda Jatim Lakukan Penyelidikan

Diberitakan Kompas.com (24/7/2021), sekitar lima personel kepolisian berbaju preman tampak berjaga di sekitar Kantor DPC PDI Perjuangan yang merupakan tempat pemasangan baliho Puan Maharani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Petugas sempat mengeluhkan ketiadaan kamera CCTV yang mengarah ke sekitar baliho sehingga akan menyulitkan upaya pengusutan kasus ini.

Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko, membenarkan bahwa beberapa personelnya telah dikirim ke Kabupaten Blitar.

“Benar, Tim Jatanras Polda Jatim mem-back up Polres Blitar untuk melakukan penyelidikan kasus tersebut,” kata Gatot kepada Kompas.com (24/7/2021).

Sementara itu, Kapolres Blitar, AKBP Leonard M. Sinambela menduga, aksi vandalisme terhadap baliho Puan Maharani dilakukan pada Rabu, 21 Juli 2021 atau Kamis dini hari, 22 Juli 2021.

Baca juga: Menakar Peluang PDI-P Calonkan Puan pada Pilpres 2024...

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.