2 Kriteria Sembuh dari Covid-19 untuk OTG dan Pasien Gejala Ringan

Kompas.com - 24/07/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19 Ilustrasi pasien Covid-19

KOMPAS.com - Para dokter telah menyampaikan bahwa orang yang terpapar Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari dan tak perlu melakukan tes ulang sesudahnya.

Lalu bagaimana cara mengetahui telah sembuh dari Covid-19 untuk orang tanpa gejala (OTG) dan pasien dengan gejala ringan?

Dilansir dari ABC Indonesia melalui KOMPAS.com, dokter spesialis penyakit dalam di Surabaya, dr. RA Adaninggar, SpPD mengatakan, ada dua syarat yang harus dipenuhi agar pasien Covid-19 dapat dikatakan telah sembuh.

Kedua syarat yang dimaksud adalah sudah melewati masa penularan dan gejala klinis sudah hilang.

Menurut WHO dan Kemenkes, masa penularan Covid-19 adalah 10 hari. Oleh sebab itu, pasien dengan gejala ringan harus melakukan isolasi selama 10 hari ditambah 3 hari untuk memastikan telah bebas gejala.

Baca juga: Apakah Polusi Udara Berpengaruh dengan Keparahan Pasien Covid-19?

"Nanti setelah gejalanya hilang, harus ditambah lagi minimal tiga hari dia bebas gejala, terutama demam dan batuk, baru dibilang sembuh," ujar dokter yang disapa Ning tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, dokter atau pihak Puskesmas yang sejak awal telah mengawasi, akan memberi surat keterangan yang berisi pernyataan bahwa pasien telah menjalani isolasi dan sembuh dari Covid-19.

Dr Ning menambahkan, meski sudah tidak ada gejala saat belum mencapai 10 hari, namun pasien tetap harus menyelesaikan isolasi hingga akhir.

"Itu belum tentu sembuh, dia masih menular," kata dr Ning.

"Ada orang tidak paham kadang-kadang, mereka tes PCR satu kali negatif saja sebelum 10 hari, meski pun ada batuk-batuk, untuk keluar itu juga salah," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.