Kompas.com - 23/07/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi roti Unsplash/Brands PeopleIlustrasi roti

KOMPAS.com - Memanggang roti bagi beberapa orang adalah pekerjaan tak mudah. Ada saja yang kurang sehingga membuat hasil akhir jadi tak sempurna.

Entah roti yang kurang mengembang, roti yang matang tak rata, atau malah roti yang memiliki bagian bawah semi gosong.

Membuat roti memang harus memperhatikan beberapa faktor penentu, seperti bahan-bahan yang berkualitas, temperatur oven yang tepat, dan lama proses pengadukan juga pemanggangan.

Meski terkesan ribet, namun wanita pembuat roti zaman dulu nyatanya tak dibekali oven yang dilengkapi dengan termometer, loyang yang memadai, dan bahan pengembang yang secanggih masa kini, namun tetap bisa menciptakan roti rumahan yang mengembang sempurna.

Jadi sukses tidaknya memanggang roti tidak hanya dipengaruhi oleh canggih tidaknya alat masak semata, namun juga kecermatan dan ketelitian dalam memasukkan bahan satu demi satu, juga ketepatan dalam proses pemanggangan.

Berikut ini adalah tips memanggang roti, dilansir dari berbagai sumber:

Baca juga: Tips Mengolah Sourdough, Roti Sehat dari Zaman Purba

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Tentukan suhu yang paling tepat untuk ragi

Ilustrasi Ragi Instandok. shutterstock/Michelle Lee Photography Ilustrasi Ragi Instan
Dilansir dari Taste of Home, ragi adalah bahan roti yang paling rumit. Ia membutuhkan suhu tertentu untuk bisa bekerja secara optimal.

Jika air terlalu dingin maka ragi tak akan aktif dan adonan tak mungkin mengembang. Jika air terlalu panas, maka ragi akan mati dan adonan akan gagal mengembang.

Jadi jangan pernah salah dalam menentukan suhu air untuk ragi. Anda bisa menentukan suhu dengan jalan menyentuhnya dengan jari atau dengan mengukurnya menggunakan termometer.

Baca juga: Cara Mengembangkan Biang Sourdough, Beri Makan Selama 7 Hari

2. Mengembangkan adonan dalam suhu sejuk

Ketika ragi sudah siap, kini kembangkan adonan dalam suhu yang tepat. Adonan biasanya lebih mudah mengembang di suhu yang sejuk.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.