Tips Mengolah Sourdough, Roti Sehat dari Zaman Purba

Kompas.com - 03/03/2021, 14:16 WIB
Pembuatan sourdough dengan fermentasi alami. Dokumen pribadi Pembuatan sourdough dengan fermentasi alami.

KOMPAS.com - Sourdough adalah roti dari masa purba. Resepnya sendiri lahir pada 1500 SM di daratan Mesir.

Setelah beradab-abad kemudian, barulah lahir jenis-jenis roti modern yang sekarang banyak kita kenal.

Beberapa tahun silam sourdough tidak terlalu populer. Namun seiring meningkatnya gaya hidup sehat ala vegan, sourdough pun pelan-pelan menjadi tenar. Roti ini hanya terbuat dari terigu, air juga garam. Jadi tanpa tambahan mentega, susu ataupun telur.

Seperti dilansir Kompas.com, sourdough menggunakan fermentasi alami yang tentunya waktu pembuatannya lebih panjang. Proses fermentasi tersebut mampu memecah kandungan pati atau tepung di dalamnya sehingga roti yang terbentuk memiliki indeks glikemik rendah.

Dalam penelitian antara roti putih, sourdough dan roti gandum, terbukti pemakan roti gandum memiliki kadar gula darah dan insulin lebih rendah dibanding pemakan roti lainnya.

Perjalanan panjang si ragi sourdough

Meski memiliki segudang manfaat, namun pembuatan sourdough tidaklah gampang. Pembuatannya memakan waktu yang sangat lama. Apalagi jika menggunakan resep aslinya, pembuatan roti berongga-rongga ini memerlukan waktu berhari-hari.

Imelda Saunders, salah satu pemilik Kamala Homemade and Healthyfood Semarang, mengaku bahwa jika ia ingin mengolah sourdough, maka ia harus benar-benar mengatur jadwal mingguannya. 

"Karena pembuatannya bisa berhari-hari. Di beberapa sesi, adonan fermentasi sourdough, sama sekali tidak bisa ditinggal terlalu lama," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (2/3/2021) malam.  

Untuk membuat roti ini, hanya diperlukan tiga bahan baku saja. Yaitu terigu protein tinggi, air juga garam. Jika ingin cepat, bisa menggunakan starter atau biang ragi yang sudah jadi. 

Baca juga: Resep Roti Sobek Jadul, Bisa Tanpa Bahan Pengembang

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X