Kompas.com - 17/07/2021, 11:02 WIB
Semur daging dan kentang, sayur berkuah dengan cita rasa manis gurih. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJOSemur daging dan kentang, sayur berkuah dengan cita rasa manis gurih.

KOMPAS.com - Idul Adha identik dengan masakan yang terbuat dari daging. Pasalnya, pada momen hari raya tersebut, masyarakat biasanya menerima daging, baik sapi, kambing, ataupun domba, dari pihak yang melaksanakan ibadah kurban.

Daging kurban yang diterima akan diolah menjadi beragam masakan yang lezat, mulai dari opor, gulai, rendang, dan sebagainya. Semuanya dicampur dengan bahan lain agar menciptakan cita rasa yang nikmat, termasuk santan.

Sayangnya, tak semua orang bisa menikmati makanan bersantan. Ada yang menolaknya karena memang tidak suka, namun ada juga yang enggan mencicipinya karena takut penyakit yang diidapnya kambuh.

Tak perlu khawatir, sebab ada beberapa menu masakan berbahan dasar daging yang bisa dibuat tanpa perlu mencampurkan santan ke dalamnya, salah satunya adalah semur.

Dilansir dari buku "Olahan Spesial Sapi dan Kambing" (2012) oleh OCTAVIYANTI SITOMPUL, RN Superchef terbitan Galang Press Media Utama melalui KOMPAS.com, berikut ini resep semur daging kambing, sajian khas Idul Adha tanpa campuran santan.

Baca juga: Resep Semur Daging Kambing, Masakan Tanpa Santan buat Idul Adha

Resep semur daging kambing

Bahan semur daging kambing:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

300 gram daging kambing potong kotak-kotak

3 butir bawang merah iris tipis

5 buah cabai merah besar, buang bijinya dan iris serong

1 lembar daun salam

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.