Di Tengah Pandemi Covid-19, Jumlah Orang Kaya di Indonesia Meningkat

Kompas.com - 17/07/2021, 09:32 WIB

KOMPAS.com – Selama pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia, ada banyak sektor yang dirugikan, terutama ekonomi.

Banyak orang yang kehilangan pendapatan karena dirumahkan oleh perusahaan atau bisnis yang gulung tikar sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Di sisi lain, jumlah orang kaya dan super kaya di Indonesia justru menanjak di tengah gempuran wabah virus corona.

Hal ini dilihat dari data lembaga keuangan Credit Suisse yang menunjukkan bahwa jumlah penduduk di Indonesia dengan kekayaan bersih 1 juta dollar AS atau lebih mencapai 171.740 pada tahun 2020.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Selasa (13/7/2021), angka tersebut melonjak hingga 61,69 persen year on year (yoy) dari jumlah di tahun 2019.

Baca juga: Selama Pandemi, Jumlah Orang Kaya Indonesia Bertambah Banyak

Selain itu, Credit Suisse juga mencatat, jumlah penduduk Indonesia yang sangat kaya, memiliki kekayaan lebih dari 100 juta dollar AS, pada tahun 2020 mencapai 417 orang, naik 22,29 persen dari tahun 2019.

“Kami melakukan perhitungan dengan pendekatan berbasis regresi untuk 144 negara di dunia. Regresi terpisah dijalankan untuk meneliti aset keuangan serta aset dan kewajiban non-keuangan,” tulis Credit Suisse dalam laporannya, dilansir Kontan.co.id melalui Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Lembaga tersebut menggunakan sistem survei, bukan data HBS, untuk melakukan perhitungan di Indonesia.

Pasalnya, jika tidak menggunakan sistem survei, data kekayaan yang muncul kerap kali jauh lebih rendah.

Kemudian, Credit Suisse membuat tiruan untuk menangkap data per wilayah. Mereka juga membuatt perhitungan untuk mengukur guncangan perekonomian terhadap Indonesia.

Baca juga: Mengenal 5 Orang Kaya Termuda Indonesia Versi Forbes, Siapa Saja Mereka?

Melihat fenomena ini, ekonom senior Indef, Faisal Basri, menyebutnya sebagai hal yang kontras, mengingat pandemi Covid-19 yang telah menjatuhkan perekonomian ke dalam jurang resesi.

“Pandemi ini mengakibatkan perekonomian Indonesia merosot. Namun, jumlah orang dewasa dengan kekayaan di atas US$ 1 juta juga naik tajam sebesar 61,7%,” tulis Faisal dalam akun Twitter pribadinya, @FaisalBasri.

Sumber: KOMPAS.com (Erlangga Djumena)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kompas.com

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.