Kompas.com - 21/06/2021, 15:30 WIB
Ada ribuan fakta menarik dunia ibu, baik pada manusia atau binatang. Unsplash/Alex PasareluAda ribuan fakta menarik dunia ibu, baik pada manusia atau binatang.

KOMPAS.com - Dunia ibu adalah dunia yang menarik untuk diintip. Ketika seorang wanita resmi menjadi seorang ibu, ada banyak hal di dunianya yang berubah secara signifikan.

Dunia ibu yang menarik ditelisik di sini tak hanya dunia manusia atau homo sapiens saja. Namun juga seluruh makhluk hidup, termasuk para binatang.

Seperti paus biru yang di dalam sehari bisa memproduksi susu sebanyak 50 galon, atau insting keibuan kucing yang melindungi bayinya dari sergapan para pejantan, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari Smithsonianmag, berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang motherhood atau dunia para ibu:

Baca juga: 5 Fakta tentang Susu, Bukan Satu-satunya Sumber Kalsium

1. Kebanyakan ibu membawa anaknya di sisi kiri

Seorang ibu lebih sering menggendong bayinya di sebelah kiri tubuhnya.Unsplash/Kelly Sikkema Seorang ibu lebih sering menggendong bayinya di sebelah kiri tubuhnya.
Kebiasaan ini tak berhubungan dengan apakah seseorang kidal atau tidak. Kebanyakan ibu, akan menggendong atau membawa anaknya di sisi kiri tubuhnya, terutama di awal-awal usia buah hatinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini lebih berhubungan dengan sensor tubuh ke otak, di mana sensor gerak yang ada di tubuh bagian kiri, diproses di otak bagian kanan.

Otak bagian kanan sendiri adalah bagian yang memproses emosi manusia. Jadi membawa anak di sebelah kiri, ada kaitannya dengan proses emosi seorang ibu ke anaknya.

Selain manusia, binatang pun banyak yang menggendong anaknya di sebelah kiri tubuhnya. Seperti walrus, yang juga mendorong anaknya di sebelah kiri tubuhnya ketika mengambang melawan ombak.

2. Ibu yang hamil anak laki-laki lebih sering dilanda mual

Halaman:

25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X