Pencegahan dan Penanganan Sakit Gigi Selama Puasa

Kompas.com - 15/04/2021, 14:10 WIB
sakit gigi FREEPIKsakit gigi

KOMPAS.com - Sakit gigi sangat menyiksa. Lebih menyiksa lagi ketika gangguan ini datang di bulan puasa.

Anda yang tak bisa mengonsumsi pereda nyeri di siang hari, akan terdera rasa sakit berlebihan yang sangat panjang hingga sore menjelang.

Tingkat keparahan nyeri dari sakit gigi sangat bervariasi. Dari nyeri ringan hingga nyeri berat. Dari yang timbul tenggelam hingga menetap.

Penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam. Dalam laman Healthline, disebutkan bahwa penyebab paling umum dari sakit gigi adalah adanya lubang gigi dan abses gigi.

Namun bisa pula, sakit gigi timbul sebagai gejala dari penyakit lain seperti sinusitis, serangan jantung atau gangguan saraf di wajah. 

Lantas bagaimana jika sakit gigi menyerang di terik siang ketika kita tengah berpuasa? Dan bagaimana pula pencegahannya? 

Baca juga: Mengapa Sakit Gigi Terasa Sangat Menyakitkan?

Penanganan sakit gigi

Menurut drg. MI. Grace W. Susanto, MM, jika sakit gigi mengendap mendatangi kita saat kita tengah menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadhan, maka ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meredakan rasa nyerinya.

Tentu saja, langkah-langkah penanganan ini cukup efektif tanpa perlu membatalkan puasa kita.

1. Minum pereda nyeri

Jika sakit sudah berlangsung sedari malam atau subuh ketika sahur, maka Anda bisa mengonsumsi pain killer atau pereda rasa nyeri yang direkomendasikan oleh dokter gigi Anda. Bisa berupa paracetamol atau antalgin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X