Doa untuk Kemenristek

Kompas.com - 15/04/2021, 11:54 WIB
Ilustrasi riset THINKSTOCKS/DEVONYUIlustrasi riset

SEBELUM resmi dimaklumatkan oleh Presiden ternyata telah tersiar bocoran berita bahwa Kemenristek akan dilenyapkan karena urusan ristek di persada Nusantara masa kini akan diserahkan ke Kemendikbud.

Tidak jelas bocoran berita itu benar atau hoaks. Juga Tidak jelas alasan pemerintah meniadakan Kemenristek namun bisa diduga alasan klasik adalah perampingan atas pertimbangan efisiensi.

Baca juga: Pro-Kontra Peleburan Kemenristek ke Kemendikbud: Kepentingan Investasi hingga Peningkatan Peran Dikti

 

Meniadakan Kemenristek demi hemat biaya akibat kemerosotan daya ekonomi gegara pagebluk Corona sekaligus membengkaknya anggaran pemulihan daya ekonomi nasional paska Corona masih ditambah pembangunan ibukota baru yang apabila tidak ditunda layak dikhawatirkan akan menyedot dana mau pun energi lahir-batin bangsa, negara dan rakyat Indonesia.

Prihatin

Jika berita pemusnahan Kemenristek benar maka saya pribadi merasa prihatin. Meski saya bukan insan pelaku riset dan teknologi namun saya adalah rakyat jelata yang menikmati nikmatnya hasil riset demi menghadirkan teknologi yang memudahkan saya menempuh perjalanan hidup nan sarat beban kemelut deru campur debu berpercik keringat, air mata dan darah ini.

Baca juga: Sejarah Kemenristek yang Akan Dilebur dengan Kemendikbud

 

Sementara peradaban umat manusa abad XXI telah menyakini kesepakatan bahwa masa depan umat manusia ditentukan oleh komparasi keunggulan riset dan teknologi.

Sementara telah terbukti masih begitu banyak cendekiawan dan ilmuwan Indonesia memilih berkarya di negara yang mengutamakan riset dan teknologi. Daya pemikiran putra putri Indonesia deras mengalir alih-alih di dalam negeri sendiri malah ke luar negeri.

Doa

Maka bersama sahabat merangkap mahaguru riset dan teknologi saya, mantan deputi Menristek RI, DR Idwan Suhardi sedang berupaya mendukung Kemenristek lebih meningkatkan kinerja demi mengejawantahkan gelora semangat pembangunan Iptek di Tanah Air Udara tercinta menjadi kenyataan.

Maka besar harapan saya bahwa bocoran berita tentang pemusnahan Kemerinstek adalah hanya sebuah hoaks belaka yang mustahil akan menjadi kenyataan.

Baca juga: Kementerian Investasi Dibentuk, Kemenristek Dihapus, Pemerintah Dinilai Anggap Ristek Tak Beri Hasil Menggembirakan

 

Apabila ternyata benar maka sebagai rakyat jelata awam riset dan teknologi, saya hanya bisa dengan kerendahan hati bersujud untuk berdoa memohon Kemurahan Hati Yang maha Kuasa menganugerahkan kekuatan lahir batin kepada para putra-putri terbaik Indonesia dengan atau tanpa Kemenristek tetap bersemangat mempersembahkan karsa dan karya terbaik masing-masing bagi negara, bangsa dan rakyat Indonesia. Amin.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X