Kisah di Balik Google Doodle Hari Perempuan Internasional 2021

Kompas.com - 08/03/2021, 11:28 WIB
Google Doodle hari perempuan internasional GoogleGoogle Doodle hari perempuan internasional

KOMPAS.com - Memperingati momen Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day, Google Doodle meluncurkan tampilan baru berupa video di laman depan pencarian, Senin (8/3/2021).

Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day diperingati pada 8 Maret setiap tahun.

Doodle hari ini menampilkan animasi yang menampilkan tangan dengan berbagai macam warna kulit.

Setiap adegan menggambarkan tangan dengan berbagai macam peran, mulai dari penulis, ilmuan, pelukis, pemenang penghargaan, pemilu, penyanyi, astronot, pendaki gunung, politisi, ibu, dan berbagai peran lainnya.

Tak hanya melalui PC, pengguna Android dan iOS juga dapat melihat video doodle spesial ini. Google Doodle ini juga menjangkau banyak wilayah di seluruh dunia.

Karya tersebut dibuat oleh seorang seniman bernama Helene Leroux. Ia adalah perupa yang berasal dari Perancis dan kini tinggal di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Hari Perempuan Internasional, di Ranah Mana Saja Perempuan Mengalami Kekerasan?

Lantas, bagaimana kisah di balik pembuatan Doodle Google hari ini?

Mengenang para pelopor

Berdasarkan keterangan Google Doodle, tema untuk Hari Perempuan Internasional tahun ini menyoroti perjalanan serangkaian pelopor dalam sejarah perempuan.

Tangan-tangan yang ditampilkan dalam animasi tersebut adalah gambaran pioner perempuan yang telah menantang status quo dan membuka jalan dalam hal pendidikan, hak-hak sipil, sains, seni, dan banyak lagi.

Video Google Doodle memberi penghormatan kepada para pahlawan perempuan ini dengan menggambarkan tangan yang telah membuka pintu bagi wanita selama beberapa generasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X