Tentang Perempuan yang Dipandang Lemah...

Kompas.com - 08/03/2021, 08:27 WIB
Ilustrasi perempuan ShutterstockIlustrasi perempuan

SEORANG sahabat mengatakan pada saya bahwa fokusnya dalam mencari suami adalah harus yang lebih muda. Alasannya, harapan hidup laki-laki lebih pendek dari perempuan.

Meski hidup mati di tangan Tuhan, teman saya mencoba memperhitungkan segala kemungkinan di masa depannya. Sebab penasaran, saya pun mencari penjelasan ilmiahnya.

Berdasarkan data dari WHO, usia hidup perempuan rata-rata 6-8 tahun lebih lama dari laki-laki. Data ini lebih relevan dalam konteks negara maju.

Sebab di negara berkembang, khususnya negara-negara Asia, keistimewaan ini kurang valid karena diskriminasi berbasis gender menyebabkan rendahnya harapan perempuan saat lahir.

Padahal, bayi perempuan yang baru lahir lebih mungkin bertahan hingga usia pertama mereka daripada bayi laki-laki yang baru lahir. Keuntungan ini terus berlanjut sepanjang hidup, bahwa perempuan cenderung memiliki tingkat kematian yang lebih rendah di semua usia.

Lalu apa yang membuat usia perempuan lebih panjang umur daripada laki-laki?

Teori

Ada beberapa teori yang menjelaskan hal itu. Hasil penelitian dari University of Bath, Inggris (2020) mengelaborasi beberapa penyebabnya. Perempuan memiliki dua kromosom X, sedangkan pria hanya memiliki satu (sebagai gantinya, laki-laki memiliki kromosom Y).

Selain itu, hormon estrogen, yang secara alami dimiliki perempuan lebih banyak daripada laki-laki, juga memiliki fungsi pelindung sebagai antioksidan.

Keuntungan-keuntungan tersebut belum termasuk hasil-hasil riset lain yang mengatakan bahwa perempuan mempunyai kecenderungan gaya hidup yang lebih baik daripada laki-laki.

Kebiasaan merokok dan minum alkohol mempunyai pengaruh yang signifikan dalam mempersingkat harapan hidup laki-laki (Sorlin:2011).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X