International Women's Day 2021, Kepemimpinan dan Kesetaraan Generasi

Kompas.com - 08/03/2021, 07:53 WIB
Hari Perempuan Internasional 2021 atau International Women's Day 2021 UN Women/Yihui YuanHari Perempuan Internasional 2021 atau International Women's Day 2021

KOMPAS.com - International Women's Day atau Hari Perempuan Internasional diperingati pada hari ini, 8 Maret 2021.

Peringatan International Women's Day selalu dilakukan setiap 8 Maret setiap tahunnya.

Tahun ini, UN Women mengusung tema "Perempuan dalam Kepemimpinan: Mencapai Masa Depan yang Setara di Dunia Covid-19" untuk memperingati Hari Perempuan Internasional 2021.

Tema ini diangkat sebagai perayaan atas upaya luar biasa perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia dalam membentuk masa depan dan pemulihan yang lebih setara semasa pandemi Covid-19.

Peringatan ini juga sekaligus menyoroti kesenjangan gender yang sampai saat ini masih ada.

Baca juga: Profil Clara Zetkin, Pelopor Hari Perempuan Internasional

Partisipasi perempuan di pemerintahan

Dilansir dari laman resmi UN Women, partisipasi dan kepemimpinan penuh yang efektif perempuan di semua bidang kehidupan dapat mendorong kemajuan untuk semua orang.

Akan tetapi, suara perempuan masih kurang terwakili dalam kehidupan publik dan pengambilan keputusan, seperti yang diungkapkan dalam laporan Sekjen PBB baru -baru ini.

Peran perempuan untuk menjadi kepala negara atau pemerintahan hanya ada di 22 negara.

Selebihnya, hanya 24,9 persen anggota parlemen nasional adalah perempuan.

Pada tingkat kemajuan seperti ini, kesetaraan gender di bidang kepala pemerintahan akan membutuhkan waktu 130 tahun lagi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X