Benarkah Nenek Moyang Manusia Berayun di Pohon dan Berjalan seperti Simpanse?

Kompas.com - 25/02/2021, 18:00 WIB
Kerangka Paranthropus robustus, manusia purba yang ditemukan di Afrika Selatan. La Trobe University/IFLSCIENCEKerangka Paranthropus robustus, manusia purba yang ditemukan di Afrika Selatan.

KOMPAS.com - Nenek moyang jauh manusia modern diduga bergerak dengan cara berayun di cabang-cabang pohon dan berjalan seperti simpanse.

Kesimpulan tersebut berasal dari analisis Ardipithecus ramidus, fosil salah satu hominin yang berusia lebih dari 4,4 juta tahun yang diduga merupakan salah satu nenek moyang manusia.

Melansir NewScientist, Rabu (24/2/2021), peneliti dari Texas A&M University Thomas C. Prang, melakukan penelitian dan pengukuran terhadap fosil tangan Ardipithecus ramidus.

Ia membandingkan ukuran tangan dari fosil tersebut dengan 416 ukuran tangan dari 53 spesies primata yang masih hidup, termasuk simpanse, bonobo dan manusia.

Seperti apa hasil penelitiannya? Simak fakta berikut:

Baca juga: Lukisan Goa Tertua Sulawesi, Ungkap Migrasi Manusia Purba di Indonesia

Ukuran tangan sama

Dari hasil penelitian Prang, diketahui bahwa ukuran dan dimensi dari tulang Ardipithecus ternyata memiliki ukurang yang hampir sama dengan tangan simpanse.

Peneliti menemukan bahwa tulang metacarpal dan tulang jari-jari dan telapak tangan tersebut berukuran sama dengan milik kera, primata besar yang tak berekor, dengan sambungan yang relatif besar dan dimensi kepalan tangannya.

Dengan begitu, dimungkinkan manusia dan simpanse ini berevolusi dari nenek moyang yang sama seperti simpanse.

"Analisis dari tangan yang berasal dari salah satu fosil tertua manusia tersebut, memperlihatkan tangan itu seperti tangan simpanse. Menyiratkan bahwa manusia dan simpanse berevolusi dari nenek moyang seperti simpanse," katanya.

Berayun di atas pohon

Analisis tangan tersebut menunjukkan morfologi yang sama dari hewan primata yang masih hidup sampai saat ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X