Seperti Ini Alur Vaksinasi Covid-19 hingga Dapat Sertifikat Vaksin...

Kompas.com - 25/02/2021, 13:45 WIB
Dokter sedang memeriksa kesehatan dari calon penerima vaksin di lokasi vaksinasi Rendika Ferri KDokter sedang memeriksa kesehatan dari calon penerima vaksin di lokasi vaksinasi

KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi para pekerja publik dan lansia di atas 60 tahun di Indonesia mulai berjalan.

Pekerja publik ini di antaranya, guru, dosen, pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, TNI, Polri, Satpol PP, perangkat desa, BUMN, BUMD, pemadam kebakaran, transportasi publik, atlet, wartawan, dan pelaku sektor pariwisata.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (22/2/2021), ada kurang lebih 38.513.446 orang yang menjadi prioritas pada vaksinasi tahap kedua ini.

Sebagai bagian dari jurnalis Kompas.com, saya mendapatkan jadwal penyuntikan pertama yang dilakukan di GOR Gemilang, Kompleks Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (24/2/2021).

Seperti ini sejumlah alur yang dilalui calon penerima vaksin hingga mendapatkan sertifikat vaksinasi Covid-19:

Baca juga: Vaksinasi Tahap II Dimulai, Ini Sejumlah Reaksi dan Cara Mengatasinya

1. Pendaftaran

Sebelum menerima vaksin, saya mengecek status di website PeduliLindungi.

Jika terdaftar, maka akan muncul lokasi dan alamat vaksinasi penerima. Calon penerima vaksin bisa datang ke lokasi tersebut dan melakukan pendaftaran.

Saya dijadwalkan mendapatkan suntikan pertama vaksin Covid-19 di GOR Gemilang, kompleks Pemerintah Kabupaten Magelang. Jadwal vaksinasi pada Rabu (24/2/2021) pukul 11.30 WIB.

Di lokasi vaksinasi terdapat meja pendaftaran, screening atau pemeriksaan kesehatan, kamar vaksinasi, meja observasi dan petugas vaksinator yang telah bersiap.

Saya diminta mengantre di tempat duduk yang telah disediakan. Saat mendaftar, KTP diminta oleh petugas vaksinasi dan didata ke dalam sistem.

Petugas juga akan melakukan verifikasi data sasaran dengan menanyakan tanggal lahir dan pertanyaan lain.

Setelah data lengkap, petugas akan mencetak kartu vaksinasi.

Kartu vaksinasi terdiri dari nomor registrasi, nomor NIK, nama lengkap, alamat, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor handphone, lokasi menerima vaksin dan status pemberian vaksin.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X