Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Link Daftar Prakerja Gelombang 12 Melalui https://daftarprakerja.net

Kompas.com - 25/02/2021, 10:37 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com – Sebuah pesan mengenai pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 melalui situs berdomain (dot) net yakni http://daftarprakerja.net beredar luas di aplikasi pesan WhatsApp dan media sosial Facebook.

Dari penelusuran Kompas.com, hal tersebut adalah tidak benar.

Narasi yng beredar

Informasi mengenai pesan yang beredar yang menyebutkan bahwa pendaftaran Kartu Prakerja bisa dilakukan melalui situs http://daftarprakerja.net/?v=gelombang12 beredar di aplikasi berbagi pesan WhatsApp dan media sosial Facebook.

Sejumlah akun Facebook yang membagikannya di antaranya yakni Kim Banjarwaru, dan Hambali.

Adapun narasi yang dituliskan:
“*Gelombang 12 Resmi Dibuka*
Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja. Kartu Prakerja adalah program *pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya* yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bantuan akan dikirimkan setiap bulan selama program ini berjalan
Langkah untuk mendaftar prakerja
1. Kunjungi situs http://daftarprakerja.net/?v=gelombang12
2. Isi formulir data diri
3. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp
4. Bantuan akan dikrim melalui rekening
*Pendaftaran dibuka selama 7 hari segera daftar agar tidak kehabisan kuota*”

Hoaks gelombang 12 PrakerjaTangkapan layar Facebook Hoaks gelombang 12 Prakerja

Penelusuran Kompas.com

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Kompas.com, informasi tersebut adalah tidak benar.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu telah beberapa kali menegaskan bahwa link pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 hanya diakses melalui www.prakerja.go.id dan bukan melalui link yang lain-lain.

"Tidak ada angka, tidak ada simbol macam-macam, bukan .com atau .xyz dan yang lain sebagainya. Sangat mudah diingat sebetulnya, prakerja.go.id," jelas Louisa saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/2/2021) pagi.

Dari pengecekan Kompas.com menggunakan situs pihak ketiga, link http://daftarprakerja.net/?v=gelombang12 mensyaratkan untuk melakukan pendaftaran hanya dengan memasukkan nomor ponsel, yang pada akhirnya mengarahkan pengguna untuk membagikan informasi ke WhatsApp dan Facebook melalui tautan yang diberikan situs tersebut

Situs tersebut juga mengklaim setelahnya seseorang akan mendapatkan insentif.

Louisa menegaskan, untuk mendaftar Kartu Prakerja seseorang baru bisa mendapat dana insentif setelah ia menyelesaikan pelatihannya.

Jika ada situs yang hanya mensyaratkan dapat insentif dengan hanya mendaftar saja, imbuhnya maka bisa dipastikan situs tersebut adalah hoaks.

"Jadi bukan mendaftar dan langsung mendapat insentif. Itulah ciri-ciri situs hoaks yang memang niatnya menipu masyarakat," katanya lagi.

Louisa mengimbau masyarakat agar berhati-hati dengan informasi yang mengatasnamakan Prakerja yang banyak menyebar dan mensyaratkan melakukan klik melalui website tertentu .

"(Risikonya) data pribadi akan di-capture oleh para penjahat itu dan bisa disalahgunakan," imbuhnya.

Kesimpulan

Dari penelusuran Kompas.com, link pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 melalui tautan http://daftarprakerja.net/?v=gelombang12 adalah hoaks.

Informasi serupa sebelumnya juga menyebutkan adanya link prakerja palsu pada tautan https://prakerja12.com/?gelombang12.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com