Kisah Lucia DeClerck, Nenek 105 Tahun yang Sembuh dari Covid-19, Apa Rahasianya?

Kompas.com - 24/02/2021, 20:00 WIB
Lucia DeClerck, pasien Covid-19 berusia 105 tahun yang sembuh setelah mendapat perawatan NewYorkTimes/Michael NeimanLucia DeClerck, pasien Covid-19 berusia 105 tahun yang sembuh setelah mendapat perawatan

KOMPAS.com - Seorang nenek berusia 105, berhasil sembuh setelah sebelumnya sempat terinfeksi Covid-19.

Ia bernama Lucia DeClerck, penghuni tertua di panti jompo di New Jersey, Amerika Serikat (AS).

Melansir New York Times, Rabu (24/2/2021), Lucia dinyatakan positif terkena virus corona pada ulang tahunnya yang ke-105.

Ia dinyatakan positif pada 25 Januari 2021 lalu, setelah mendapatkan dosis kedua dari vaksin Pfizer-BioNTech, berdasarkan keterangan administrator rumah sakit, Michael Neiman.

Baca juga: Kisah 2 Pasien Berusia 103 Tahun di China dan Iran Sembuh dari Covid-19

Penularan di panti jompo

Lucia merupakan salah satu dari 62 orang penghuni Mystic Meadows, sebuah panti jompo di New Jersey yang tertular virus. Sementara empat pasien lainnya meninggal, termasuk tiga pasien yang menerima perawatan di rumah sakit.

"Kami sangat berhati-hati, tapi (virus) ini menemukan cara untuk menyelinap masuk," kata Neiman, dikutip dari New York Times, Rabu (24/2/2021).

Pada Januari 2021, penghuni panti jompo menjalani tes dua kali seminggu. Tes swab pada minggu terakhir bulan tersebut menunjukkan bahwa Lucia telah tertular virus.

Lucia tidak suka diasingkan dan merindukan obrolan harian dari para pengasuh di Pusat Rehabilitasi dan Perawat Mystic Meadows. Ia pun berserah pada Tuhan.

"Awalnya dia sedikit khawatir, sedikit takut, tapi dia berkata Tuhan akan melindungi saya,” kata Neiman.

Baca juga: Waspada, Ini Daftar Penyakit yang Rawan Menyerang di Musim Banjir

Vaksinasi

Sebelum dikonfirmasi positif Covid-19, diketahui Lucia telah lebih dulu mendapatkan vaksin.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X