Pasien Tertua Berusia 100 Tahun Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona

Kompas.com - 08/03/2020, 19:55 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Seorang pria berusia 100 tahun dinyatakan sembuh dari virus corona Covid-19. Ia keluar dari rumah sakit pada Sabtu (7/3/2020).

Mengutip Xinhua, pasien tersebut diketahui sebagai pasien tertua yang diketahui sembuh dari virus corona Covid-19 hingga kini.

Laki-laki ini merupakan satu di antara 80 pasien virus corona yang diperbolehkan keluar dari cabang Maternity and Child Health Care Hospital  di Optics Valley, Wuhan.

Pasien tersebut lahir pada bulan Februari tahun 1920 dan baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 100. 

Sebelumnya, ia dibawa ke rumah sakit pada 24 Februari lalu karena infeksi virus corona.

Laki-laki ini juga diketahui memiliki sejumlah riwayat penyakit seperti penyakit Alzheimer, hipertensi, dan gagal jantung.

Dengan kondisi komplikasi ini, para profesional medis dari pihak militer mengadakan konsultasi ganda.

Baca juga: 46 Penghuni Apartemen di Korea Selatan Terinfeksi Virus Corona, Berkaitan dengan Gereja Shincheonji

Pengobatan bervariasi 

Melansir CNN, variasi medis, termasuk pengobatan antiviral, obat tradisional China, dan terapi plasma konvalesen digunakan selama proses penyembuhan penyakit ini.

Sebelumnya, beberapa penelitian pada sampel pasien yang terinfeksi virus corona Covid-19 menunjukkan bahwa virus ini lebih banyak menyerang orang-orang dengan usia tua.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada pertengahan Februari lalu oleh Pusat Pencegahan dan Pengenalian Penyakit China (CCDC), tingkat kematian bagi mereka yang berusia di atas 80 tahun mencapai 14,8 persen. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X