Kisah 2 Pasien Berusia 103 Tahun di China dan Iran Sembuh dari Covid-19

Kompas.com - 19/03/2020, 06:30 WIB
Dokter merawat pasien virus corona di Wuhan, China  EPA-EFE/STRINGER CHINA OUT STRINGERDokter merawat pasien virus corona di Wuhan, China EPA-EFE/STRINGER CHINA OUT

KOMPAS.com - Virus corona penyebab penyakit Covid-19 disebut bisa berakibat fatal apabila orang yang menderitanya tidak memiliki imunitas tubuh yang kuat.

Mereka yang disebut tidak memiliki daya tahan tubuh kuat adalah anak mereka yang ada di usia bayi dan sebaliknya yang sudah berusia renta.

Pada bayi, imun tubuh belum terbentuk secara sempurna. Sementara pada lansia kemampuan daya tahan tubuh terhadap penyakit semakin menurun akibat usia.

Namun, terdapat anomali atau fakta yang justru bertentangan dengan pemahaman di atas.

Dua orang perempuan lanjut usia di Iran dan China dinyatakan sembuh dari Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh jenis virus baru yang hingga kini telah merenggut hampir 8.000 jiwa ini.

Baca juga: Satu Warga Riau Positif Corona, Dinkes: Kondisi Pasien Masih Stabil

Sembuh setelah 6 hari dirawat di rumah sakit

Kasus pertama datang dari seorang perempuan asal Iran berusia 103 tahun.

Dikutip dari AA (18/3/2020), Rektor dari Semnn University of Medical Sciences, perempuan tua itu telah sembuh dan meninggalkan rumah sakit tempatnya dirawat.

Perempuan yang tidak disebutkan namanya ini menjadi pasien tertua kedua yang berhasil sembuh sepenuhnya dari serangan virus Sars-CoV-2 ini.

Kurang lebih seminggu sebelumya, Pemerintah China juga mengumumkan adanya seorang pasien Covid-19 berusia sama, 103 tahun, yang juga berhasil terbebas dari infeksi virus ini.

Perempuan bernama Zhang Guangfen dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan selama 6 hari di rumah sakit.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X