Hari Ini dalam Sejarah: 16 Januari 1862, Bencana Tambang Batu Bara

Kompas.com - 16/01/2021, 12:29 WIB
Ilustrasi kalender Shutterstock/SchiraIlustrasi kalender

KOMPAS.com - Hari ini 159 tahun lalu, tepatnya 16 Januari 1862, terjadi kecelakaan pertambangan terburuk Inggris di tambang batubara, Northumberland, Inggris.

Dikutip dari BBC, 15 Januari 2012, bencana tersebut bermula ketika sebuah balok penyangga mesin uap yang digunakan untuk memompa air laut dari lubang Hester atau Hester Pit pecah.

Setelah itu, mesin pompa yang pecah menabrak dan menghalangi satu poros tambang sehingga menjebak orang-orang di bawahnya.

Sebanyak 5 orang yang berada di lift tewas seketika, tiga lainnya selamat. Korban termuda berusia 10 tahun, sedangkan yang tertua 71 tahun.

Ada satu keluarga yang paling banyak kehilangan anggotanya, yakni keluarga Liddles yang kehilangan sembilan anggota keluarga. Adapun total korban 204 orang.

Operasi penyelamatan besar-besaran dilakukan dan pekerja dari tambang lainnya ikut membantu. 

Akan tetapi, upaya penyelamatan untuk menjangkau orang-orang yang terperangkap sangat sulit.

Bahkan, asap beracun muncul selama 6 hari sehingga semakin mempersulit pencarian. Saat para korban ditemukan, mereka sudah tewas.

Pada abad ke-19, banyak tambang batu bara. Namun, lubang Hester atau Hester Pit hanya memiliki satu poros. Hal itu yang menyebabkan sekitar 200 orang terjebak di bawah tanah.

Akibatnya, bencana itu mendorong perubahan undang-undang Inggris yang kemudian mewajibkan semua collieries atau perusahaan pertambangan batu bara memiliki setidaknya dua poros pelarian independen.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X