KawalCovid-19 Catat Kasus Harian Corona Indonesia Tembus 9.000, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 18/12/2020, 15:20 WIB
Ilustrasi Covid-19 Shutterstock/PetovargaIlustrasi Covid-19

KOMPAS.com  - Akun twitter @KawalCOVID19 pada Kamis (17/12/2020) menyebutkan bahwa laporan kasus baru Covid-19 yang ada di Indonesia pada hari itu berjumlah 9.163 kasus.

Jumlah tersebut direkap oleh Kawal Covid-19 dari situs-situs pemerintah daerah di Indonesia. 

Laporan angka Kawal Covid-19 tersebut berbeda dengan data Satgas Covid-19 yang menyebutkan bahwa kasus Covid-19 yang dilaporkan hari itu jumlahnya adalah 6.725 kasus. 

Tidak hanya pada kasus baru, perbedaan data juga terlihat untuk jumlah kasus meninggal,  kasus sembuh, dan kasus akumulasi. 

Baca juga: Soal Perbedaan Data Covid-19, Jubir Satgas: Proses Sinkronisasi Butuh Waktu

Perbedaan data antara pemerintah daerah dan pusat tersebut mendapat banyak sorotan. 

 

Terjadi sejak awal

Terkait perbedaan yang ada, Juru Bicara Kawal Covid-19, Miki Salman menyebut hal semacam ini sudah terjadi sejak awal-awal pandemi.

Namun menurut Miki permasalahan pada perbedaan data ini belum juga bisa terselesaikan. 

Lebih lanjut,  ia mengatakan ada beberapa hal yang mungkin mempengaruhi mengapa data Kawal Covid-19 dan Satgas Covid-19 sering tak sama. 

"Di level pertama, testing enggak cukup, jadi kasus banyak yang enggak terdeteksi, jauh lebih banyak (dari yang terdeteksi). Di level kedua, dari kabupaten ke provinsi juga enggak konsisten, lalu dari provinsi ke pusat juga banyak perbedaan," papar Miki saat dihubungi Jumat (18/12/2020).

Baca juga: Tiga Provinsi Catat Kasus Harian Covid-19 Lebih dari 1.000, Satgas: Ada Perbedaan Data dengan Pusat

Sumber pemda dapat diakses publik

Terkait sumber data yang digunakan, Kawal Covid-19 memastikan data yang mereka pakai berasal dari sumber terkait yang dapat diakses oleh publik. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X