Unik, Polisi di Surabaya Pakai Kepala Badut Bermasker untuk Sosialisasi Prokes Covid-19

Kompas.com - 16/12/2020, 11:33 WIB
Ikon Cak Tejo dan Surti lakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas dan protokol kesehatan Covid-19 di Warkop yang ada di Surabaya Satlantas Polrestabes SurabayaIkon Cak Tejo dan Surti lakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas dan protokol kesehatan Covid-19 di Warkop yang ada di Surabaya

KOMPAS.com - Kepolisian merupakan salah satu institusi yang turut diberi tugas untuk menjaga keselamatan masyarakat di tengah pandemi virus corona.

Selain menjalankan peran utama sesuai dengan bidang penegakkan hukum, kepolisian juga memiliki tugas tambahan untuk memastikan masyarakat tertib protokol kesehatan untuk terhindar dari infeksi virus corona.

Beragam cara pun dilakukan dalam menjalankan peran ini. Mulai dari cara konvensional, hingga cara unik yang dilakukan jajaran Satlantas Polrestabes Surabaya.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Chandra, mengungkapkan pihaknya membuat program bernama "Cak Tejo Karo Pacare Sobo Warkop".

Cak Tejo dan pacarnya yang bernama Surti (kependekan dari Suroboyo Tertib) berkeliling di sejumlah warung kopi atau warkop di kota itu dengan mengenakan atribut tak biasa.

Selain mengenakan seragam tugas kepolisian, dua petugas yang menjadi ikon Cak Tejo dan Surti juga tampil dengan menggunakan kepala badut bermasker.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Kala Dunia Diuji oleh Virus Corona

Teddy menyampaikan sosialisasi terkait Covid-19 ini dilakukan Unit Dikyasa Satlantas Polrestabes Surabaya di sejumlah warkop yang ada di 25 kecamatan di Kota Surabaya. Kegiatan diselenggarakan mulai Senin (14/12/2020) hingga Jumat (18/12/2020).

Warkop dipilih, karena di Kota Pahlawan itu, kerap dijadikan tempat nongkrong oleh masyarakat.

"Di Surabaya warkop merupakan salah satu tempat atau sarana bagi masyarakat Surabaya untuk bersosialisasi dan bersantai, jadi kami optimistis bila edukasi dilakukan di warkop-warkop akan efektif," ujar Teddy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/12/2020).

Teddy menjelaskan dalam kegiatan ini petugas tidak hanya menyampaikan soal protokol kesehatan kepada warga, namun juga menyampaikan tentang keselamatan di jalan raya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X