11.580 Formasi CPNS 2019 Kosong, Ini Penjelasan BKN...

Kompas.com - 31/10/2020, 15:05 WIB
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. AFP/JUNI KRISWANTOPeserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan hingga saat ini ada sebanyak 11.580 formasi dalam seleksi calon pegawai negeri sipil ( CPNS) 2019 yang masih kosong.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono mengungkapkan formasi kosong pada CPNS 2019 ini terjadi lantaran adanya formasi yang masih disediakan tetapi tidak terisi.

Hal ini disebabkan karena tidak ada pendaftar atau memang tidak ada peserta yang memenuhi passing grade.

"Dari data tingkat nasional di 521 instansi, jumlah formasi ada 150.371, jumlah peserta lulus (pra optimaslisasi) ada 129.825, jumlah peserta lulus (pasca-optimalisasi) ada 138.791. Formasi kosong (pasca-optimalisasi) sebanyak 11.580," ungkap Paryono kepada Kompas.com, Sabtu (31/10/2020).

Paryono menjelaskan optimalisasi merupakan upaya mengoptimalkan pengisian formasi dari peserta yang sudah ada.

Ia mengungkapkan formasi kosong dapat diketahui dengan mengecek di masing-masing instansi.

Baca juga: Pemprov Kalimantan Barat Umumkan Hasil Seleksi CPNS 2019, Berikut Link-nya!

Formasi kosong diisi peserta yang "tak lolos"

Terkait dengan hal tersebut, kata Paryono, peserta yang sebelumnya dinyatakan tidak lolos dalam mengisi formasi yang dilamar memang berpeluang mengisi formasi yang kosong.

Peserta tidak lolos ini merupakan peserta yang lulus passing grade, namun saat integrasi nilai SKD dan SKB, jumlah nilainya atau rangkingnya kalah dari peserta lain.

Adapun, formasi yang kosong CPNS ini dioptimalisasi pihak penyelenggara. 

Menurut Paryono, untuk mengisi formasi yang kosong, diambil dari ranking terbaik pada formasi yang sama dan pendidikan yang sama. Sehingga tak bisa sembarangan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X