Penyebab dan Perawatan pada Mimisan

Kompas.com - 26/10/2020, 07:10 WIB
Ilustrasi mimisan shutterstockIlustrasi mimisan
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Sebagian besar masyarakat mungkin tidak asing dengan mimisan atau keluar darah dari hidung, karena dapat terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa.

Dituliskan NHS, meski cukup umum, mimisan paling sering mempengaruhi anak-anak berusia 2-10 tahun, orang tua, wanita hamil, orang yang rutin mengonsumsi aspirin atau antikoagulan, hingga orang dengan gangguan pembekuan darah.

Mimisan mungkin menakutkan, tapi jarang menunjukkan adanya masalah medis yang serius.

Melansir Healthline, hidung mempunyai banyak pembuluh darah yang letaknya dekat dengan permukaan di bagian depan dan belakang hidung. Pembuluh darah tersebut sangat rapuh dan mudah berdarah.

Terdapat dua jenis mimisan, yaitu mimisan anterior dan mimisan posterior.

Mimisan anterior terjadi ketika pembuluh darah di bagian depan hidung beristirahat dan berdarah.

Sedangkan, mimisan posterior terjadi di bagian belakang atau bagian terdalam dari hidung.

Dalam kasus ini, darah mengalir ke bagian belakang tenggorokan, dan mimisan posterior dapat berbahaya.

Baca juga: Apakah Mimisan pada Anak Berbahaya?

Penyebab

Ada banyak penyebab mimisan, namun mimisan yang tiba-tiba jarang terjadi sesuai yang serius. Namun, jika sering mimisan, bisa jadi mengalami masalah yang lebih serius.

Udara kering menjadi penyebab paling utama terjadinya mimisan. Hidup di iklim kering dapat mengeringkan selaput hidung, jaringan dalam hidung.

Kekeringan menyebabkan pengerasan kulit di dalam hidung, dapat menyebabkan gatal atau iritasi. Jika hidung tergores atau terkelupas, maka bisa berdarah.

Mengonsumsi antihistamin dan dekongestan untuk alergi, pilek, atau masalah sinus juga bisa mengeringkan selaput hidung dan menyebabkan mimisan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X