Perusahaan di Australia Akan Buat Vaksin Covid-19 Non-Protein

Kompas.com - 25/10/2020, 17:03 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Perusahaan bioteknologi asal Australia, CSL, akan membuat vaksin virus corona berbasis non-protein.

Menteri Industri Australia, Karen Andrews, mengatakan perusahaan tersebut setidaknya membutuhkan waktu satu tahun agar bisa membuat vaksin non-protein yang terbukti aman dan efektif. 

Menurutnya, pembuatan vaksin yang dikembangkan berdasar pada mRNA atau asam riibonukleat ini memang lebih membutuhkan waktu dibandingkan vaksin berbasis protein.

"Saya berharap kami dapat melakukannya (mengembangkan vaksin) dalam jangka waktu sembilan bulan hingga 12 bulan," kata Andrews seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (25/10/2020).

Secara tradisional, vaksin dikembangkan dengan memasukkan protein ke dalam tubuh untuk memicu sistem kekebalan agar memberikan respons.

Pengembangan vaksin mRNA juga dilakukan perusahaan asal Amerika Serikat, Moderna. Para ahli mengungkapkan jika vaksin mRNA itu disetujui makan akan menjadi yang pertama vaksin non-protein.

"Tapi, kita harus benar-benar sadar bahwa dengan vaksin, ada banyak variabel di sana. Kami belum memiliki vaksin yang terbukti pada saat ini, kami tidak tahu apa dasar untuk vaksin itu nantinya. Jadi, kami mencoba untuk mempersiapkannya secara luas," kata Andrews.

Baca juga: Diklaim Aman, Vaksin Corona CNBG China Ditawarkan Gratis bagi Pelajar

Pemerintah Australia, lanjut Andrews, memberikan dukungan kepada CSL untuk meningkatkan kemampuannya.

Sebab, peluncuran vaksin Covid-19 yang efektif akan berimplikasi membuka pembatasan internasional dan memulihkan aktivitas sosial dan ekonomi di Australia.

Lebih lanjut, program vaksinasi virus corona bagi seluruh populasi di Australia akan sepenuhnya tersedia pada akhir 2021, pembatasan jarak sosial terus berlanjut sampai adanya vaksin. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X