Tak Hanya untuk Bayi, Ini Beragam Manfaat Tidur Siang Semua Umur

Kompas.com - 25/10/2020, 14:29 WIB
Tidur siang membuat badan segar Tidur siang membuat badan segar

KOMPAS.com - Tidur siang bukan hanya untuk bayi. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang juga bagus untuk orang dewasa.

Dikutip WebMD, (13/6/2020), tidur siang singkat di siang hari dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan kinerja pekerjaan, meningkatkan suasana hati, membuat lebih waspada, dan mengurangi stres.

Penelitian menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan.

Sementara tidur siang dapat membantu Anda mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari, seperti halnya tidur malam yang nyenyak.

Tidur siang berfungsi agar Anda tidak melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indra, dan juga ingatan verbal.

Tidur siang tidak hanya membantu Anda mengingat hal-hal yang baru saja Anda pelajari, tetapi juga dapat membantu otak Anda menarik hubungan antara hal-hal yang Anda temukan.

Baca juga: Kapan dan Berapa Lama Waktu yang Baik untuk Tidur Siang?

Manfaat tidur siang

Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang tidur siang merasa lebih mudah untuk mengumpulkan informasi yang mereka dapatkan pada hari sebelumnya.

Ketika Anda melakukan tugas berulang-ulang sepanjang hari, tidak menutup kemungkinan kinerja Anda dapat menurun seiring berjalannya waktu. Studi menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu Anda lebih konsisten.

Jika Anda merasa sedih, cobalah tidur siang untuk mengangkat kembali semangat Anda. Tidur siang atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat mencerahkan pandangan Anda.

Para ahli mengatakan relaksasi yang berasal dari berbaring dan istirahat adalah pendorong suasana hati, baik Anda tertidur atau tidak.

Jika Anda mulai merasa sedikit mengantuk setelah makan siang, Anda tidak sendirian. Tidur siang 20 menit dapat membantu Anda melawan kelopak mata yang berat.

Durasi tidur siang

Tidur siang selama 10 menit bisa bermanfaat, tetapi usahakan tidur siang hingga 30 menit atau kurang agar Anda tidak bangun dengan perasaan lebih lelah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X