Kompas.com - 02/09/2020, 13:07 WIB
Ilustrasi tidur, kantuk di siang hari FreepikIlustrasi tidur, kantuk di siang hari

KOMPAS.com - Berbagai studi telah menemukan manfaat dari tidur siang, mulai dari membantu kita mengingat informasi hingga meningkatkan kesehatan otak secara umum.

Namun, sebuah meta-analisis baru terhadap 20 studi mengungkapkan bahwa tidur siang sebaiknya dibatasi menjadi maksimal 60 menit saja.

Lebih dari itu, kebiasaan tidur siang bisa berisiko buruk untuk kesehatan.

Dilansir dari siaran pers European Society of Cardiology, penulis studi Dr Zhe Pan dari Guangzhou Medical University mengatakan, ada pandangan umum bahwa tidur siang meningkatkan performa dan melawan konsekuensi buruk dari "utang tidur"

"Namun, studi kami melawan opini yang telah meluas ini," ujarnya.

Baca juga: 8 Manfaat Tidur Siang, Meningkatkan Memori dan Baik untuk Jantung

Dalam studi ini, Pan dan kolega mengumpulakn bukti-bukti yang ada untuk menilai kaitan antara tidur siang dengan risiko kematian dan penyakit kardiovaskular.

Secara total, ada lebih dari 20 studi dan 313.651 partisipan yang dimasukkan dalam analisis. 39 persen partisipan punya kebiasaan tidur siang.

Mereka mendapati bahwa tidur siang yang panjang, yakni lebih dari 60 menit, diasosiasikan dengan risiko kematian yang 30 persen lebih tinggi dan risiko penyakit kardiovaskular yang 34 persen lebih tinggi.

Sementara itu, kebiasaan tidur siang kurang dari 60 menit tetap bisa meningkatkan risiko mortalitas walaupun hanya sedikit, dan tidak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Gen untuk Tidur Siang Memang Ada, Para Peneliti Membuktikannya

Menariknya, ketika para ahli memperhitungkan kebiasaan tidur pada malam hari, hasilnya berubah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X