WHO Peringatkan Kematian Akibat Corona Bisa Capai 2 Juta Orang

Kompas.com - 26/09/2020, 09:44 WIB
Petugas ber-APD dari RSUD Kardinah saat proses pemakaman pasien Covid-19 di TPU wilayah Tegal Selatan, Kota Tegal, Selasa (15/9/2020) malam. (Foto: Dok. Kepolisian) KOMPAS.com/Tresno SetiadiPetugas ber-APD dari RSUD Kardinah saat proses pemakaman pasien Covid-19 di TPU wilayah Tegal Selatan, Kota Tegal, Selasa (15/9/2020) malam. (Foto: Dok. Kepolisian)
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan jumlah kasus kematian akibat infeksi virus corona secara global dapat mencapai angka 2 juta, sebelum vaksin digunakan secara luas.

Dilansir BBC, Kepala Program Kedaruratan WHO, dr Mike Ryan, memperkirakan angka itu masih akan bertambah banyak tanpa adanya tindakan internasional yang dilakukan secara bersama-sama.

Sejauh ini, hampir satu juta orang di seluruh dunia telah meninggal karena terinfeksi Covid-19, sejak penyakit ini pertama kali muncul di China pada akhir tahun lalu.

Infeksi kasus terus meningkat, dengan setidaknya 32 juta kasus telah terkonfirmasi secara global.

Sementara itu, gelombang kedua infeksi virus corona telah terlihat di banyak negara, terutama di belahan bumi utara saat musim dingin akan segera tiba.

Amerika Serikat, India, dan Brasil menjadi negara yang mengonfirmasi kasus positif Covid-19 terbanyak.

Ketiga negara itu mencatat lebih dari 15 juta di antara kasus Covid-19 yang terjadi.

Baca juga: Butuh Waktu Sekitar 4 Tahun Menyediakan Vaksin Covid-19 untuk Semua Orang di Dunia

Namun dalam beberapa hari terakhir, telah terjadi kebangkitan infeksi di seluruh Eropa yang memunculkan peringatan untuk melakukan penguncian nasional, serupa dengan yang diberlakukan pada puncak gelombang pertama pandemi.

Ryan menambahkan WHO telah melihat peningkatan penyakit yang mengkhawatirkan di seluruh Eropa.

"Secara keseluruhan di wilayah yang sangat luas itu, kami melihat peningkatan penyakit yang mengkhawatirkan," ujar dia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X