Menjanjikan, Vaksin Corona Novavax Masuki Tahap Akhir Pengujian

Kompas.com - 26/09/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi vaksin corona, vaksin virus corona, vaksin Covid-19 Shutterstock/Blue Planet StudioIlustrasi vaksin corona, vaksin virus corona, vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Pembuat vaksin virus corona Novavax akan memulai tahap akhir pengujian di Inggris dan dilanjutkan di Amerika Serikat mulai bulan depan. 

Vaksin Novavax merupakan satu dari 11 produk vaksin corona yang mencapai tahap penting pengujian.

Perusahaan asal Maryland, AS ini belum pernah memproduksi vaksin yang telah dijual ke pasar.

Novavax mencapai kesepakatan dana sebesar 1,6 miliar dollar AS dengan pemerintah federal di bulan Juli untuk mengembangkan dan membuat vaksin eksperimentalnya. 

Uji coba tahap 3

Melansir New York Times, Kamis (24/9/2020),  uji coba tahap ketiga diperkirakan akan melibatkan 10.000 orang di Inggris.

Separuh dari relawan akan mendapatkan dua dosis vaksin eksperimental, dengan selang waktu 21 hari, dan separuh lainnya akan menerima plasebo.

Meskipun tahap pengembangan vaksin Novavax tertinggal dari beberapa vaksin corona terdepan lain di dunia, para ahli antusias dengan vaksin ini.

Sebab, studi awal dari vaksin Novavax menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Monyet yang diberi vaksin tersebut mendapat perlindungan yang kuat terhadap virus corona.

Kemudian, pada uji coba keamanan awal yang dipublikasikan bulan ini di The New England Journal of Medicine, para relawan yang diberikan vaksin ini memproduksi antibodi tingkat tinggi terhadap virus.

Baca juga: Sinovac Optimistis Vaksin Virus Corona Siap Awal 2021

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X