Melihat Gelombang Kedua Pandemi Corona di Eropa Saat Ini

Kompas.com - 25/09/2020, 20:40 WIB
Uni Eropa ShutterstockUni Eropa

KOMPAS.com - Perancis dan Inggris mencatatkan kasus Covid-19 harian tertinggi di wilayahnya sejak awal wabah.

Melihat kondisi ini, Uni Eropa pun memperingatkan bahwa beberapa negara anggotanya kini mengalami wabah yang lebih buruk daripada saat bulan Maret.

Melansir Business Insider, Jumat (25/9/2020), peringatan ini disampaikan oleh Komisioner Kesehatan Uni Eropa, Stella Kyriakides, Kamis (24/9/2020) lalu.

Perkembangan kondisi ini pun dikhawatirkan menjadi pertanda telah tibanya gelombang kedua pandemi virus corona di Eropa.

Namun demikian, ada perbedaan yang dapat dilihat dibandingkan saat gelombang pertama. Meskipun jumlah infeksi saat ini terus mengalami peningkatan, tetapi jumlah kasus kematian tidak mengalami peningkatan tajam.

Selain itu, kemampuan para petugas untuk melakukan tes dan menjaga jumlah infeksi juga telah mengalami perbaikan. 

Artinya, data dari kasus harian saat ini menunjukkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana virus menyebar.

Sementara pada saat gelombang pertama pandemi, sistem pengujian hanya mampu mencakup sebagian kecil dari mereka yang terinfeksi.

Baca juga: PSBB Jakarta Diperpanjang, Ini Studi Kriteria Melonggarkan Penguncian saat Pandemi

Strategi terkini

Strategi terkini dari negara-negara Eropa untuk menangani virus juga berbeda dengan saat gelombang pertama di mana penguncian (lockdown) ketat umumnya diberlakukan.

Saat penguncian tersebut, beberapa wilayah melarang warga untuk melakukan kegiatan di luar rumah dan harus memiliki atau membawa form izin agar dapat meninggalkan rumahnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X